أنشرها:

JAKARTA - Girona pesta gol saat membantai tim yang terdegradasi Granada dengan skor 7-0 di pertandingan terakhir La Liga Spanyol di Stadion Municipal de Montilivi, Sabtu, 25 Mei 2024 dini hari WIB. Striker Artem Dovbyk mencetak hattrick laga itu.

Girona tak memberi ampun kepada Granada saat melakoni laga pamungkas liga. Dalam duel di kandang sendiri, Girona menunjukkan penampilan terbaik saat menghajar tim tamu yang menduduki peringkat 19 atau kedua dari bawah.

Ini menjadi kemenangan bersejarah Girona. Pasalnya ini untuk kali pertama mereka mencetak kemenangan terbesar di pertandingan liga.

Hanya tambahan tiga poin itu tak mempengaruhi posisi Girona. Mereka pun mengakhiri kompetisi dengan menduduki peringkat tiga di klasemen akhir setelah mengantungi 81 poin.

Terpaut satu poin dengan Barcelona yang menjadi runner up di bawah sang juara Real Madrid.

Meski berada di zona Liga Champions, namun Girona tidak bisa berlaga di kompetisi kasta tertinggi Eropa. Pasalnya, pemilik Girona, City Football Group Limited, juga memiliki klub yang akan berkompetisi di Liga Champions musim ini, Manchester City.

Karena Man City yang menjadi juara Premier League Inggris dan sudah pasti posisi mereka lebih tinggi ketimbang Girona, maka Man City yang lolos ke Liga Champions.

Girona tetap bisa berkompetisi di Liga Champions bila City Football Group Limited yang menjadi pemegang saham mayoritas melepas sebagian besar saham mereka. Dengan demikian, grup tersebut tidak lagi pemilik saham mayoritas.

Sementara, Granada terpaksa kembali ke Segunda Division atau La Liga 2 setelah menduduki peringkat 19 dengan poin 21. Selain Granada, ada Cadiz dan Almeria yang terdegradasi.

Di pertandingan yang berat sebelah itu, Girona sepenuhnya menguasai permainan. Hanya saja, tuan rumah baru bisa membobol gawang Granada saat laga memasuki menit 30.

Bek Eric Garcia membuka pesta kemenangan Gironistes lewat sundulan dari jarak dekat. Gol itu langsung menjadikan pemain Girona kian bersemangat menekan tim tamu.

Hanya berselang tiga menit, pemain sayap Viktor Tsygankov memperbesar keunggulan Girona menjadi 2-0. Mereka pun kian mendominasi.

Menjelang akhir babak pertama, Dovbyk menjadi pemain ketiga yang mencatatkan nama di papan skor setelah mencetak gol dari titik penalti.

Penalti diberikan setelah pemain Granada melakukan pelanggaran terhadap Portu. Wasit pun menunjuk titik putih dan Dovbyk menuntaskan eksekusi itu di menit 44. Skor 3-0 untuk tim asuhan Michel Sanchez saat turun minum.

Di babak kedua, Girona tak menurunkan tempo permainan. Mereka tetap bermain ofensif yang menjadikan Granada kesulitan mengembangkan permainan. Mereka tak mampu keluar dari tekanan dan hanya bisa bertahan.

Hanya mereka tetap gagal menghadapi serangan bergelombang Girona. Pada menit 55, gawang Granada sudah kembali kebobolan. Kali ini, Tsygankov mencetak brace dan mengubah skor menjadi 4-0.

Dalam posisi tertinggal empat gol, Granada malah kehilangan seorang pemain.

Gelandang Facundo Pellistri yang dipinjam dari Manchester United mendapat kartu kuning kedua yang disusul kartu merah setelah melakukan pelanggaran di menit 61

Bermain dengan 10 orang, Granada kian sulit menghadapi permainan ofensif Girona. Hasilnya di menit 75, Dovbyk sukses mencetak brace.

Hanya berselang tiga menit, Girona sudah menambah gol. Dovbyk berperan dalam proses terciptanya gol keenam setelah membuat assist yang dituntaskan Cristhian Stuani.

Selanjutnya Dovbyk mencetak hattrick dari titik penalti sekaligus menutup pesta kemenangan 7-0 Girona.

Dirinya pun mengemas 24 gol musim ini sekaligus merebut posisi sebagai top skor yang sebelumnya dikuasai striker Villarreal Alexander Sorloth.

Namun Sorloth bisa kembali mengakhiri musim dengan menjadi top skor bila mencetak minimal dua gol saat Villarreal menghadapi Osasuna d laga pamungkas liga, Sabtu malam WIB.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)