أنشرها:

JEMBER - Ribuan penumpang memadati sejumlah stasiun yang berada di wilayah PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 9 Jember mulai dari Pasuruan hingga Stasiun Ketapang di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur saat libur Hari Raya Waisak pada Kamis.

"Sebanyak 8.800 penumpang menggunakan kereta api yang berangkat dari beberapa stasiun yang berada di Daop 9 berdasarkan data pada pukul 10.00 WIB," kata Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Cahyo Widiantoro dalam keterangan tertulis yang diterima di Jember.

Menurutnya jumlah tersebut kemungkinan akan bertambah karena masih ada kereta api yang akan berangkat pada jadwal berikutnya karena tercatat ada 20 perjalanan KA di Daop 9 Jember.

KA Probowangi dari Ketapang tujuan Surabaya menjadi kereta dengan volume penumpang tertinggi yakni tercatat 1.021 penumpang menggunakan kereta tersebut pada hari ini. Angka tersebut merupakan 161 persen dari kapasitas yang tersedia sebanyak 636 tempat duduk.

"Harga tiket KA Probowangi yang cukup terjangkau menjadikannya kereta favorit masyarakat tapal kuda untuk bepergian dalam wilayah Daop 9 Jember," katanya.

Untuk keberangkatan pada libur Hari Raya Waisak tercatat hampir semua KA baik dari Stasiun Jember maupun Stasiun Ketapang tiketnya telah habis terjual, sehingga menyisakan KA Blambangan Ekspres dari Stasiun Ketapang yang masih tersisa 198 tempat duduk.

Berdasarkan data, sampai dengan hari Minggu (26/5) masih tersisa 2.267 tempat duduk dan sisa terbanyak terdapat pada hari Jumat (24/5) dengan jumlah 1.046 tempat duduk.

"Bagi para penumpang yang tidak mendapatkan tiket kereta yang diinginkan dapat menggunakan KA yang lain dan tanggal keberangkatan yang lain atau memanfaatkan fitur connecting train yang tersedia pada aplikasi Access by KAI," ujarnya.

Cahyo menjelaskan untuk mengantisipasi tingginya animo masyarakat pengguna kereta api pada libur Hari Raya Waisak maka KAI Daop 9 Jember menambahkan satu kereta eksekutif pada rangkaian KA Ranggajati keberangkatan Jember tujuan Cirebon dan KA Wijayakusuma dari Ketapang tujuan Cilacap, serta satu kereta bisnis juga ditambahkan pada rangkaian KA Logawa dari Jember tujuan Purwokerto.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)