Logistik Jadi Bisnis Inti Baru Perusahaan, Zebra Nusantara Siap-Siap Ganti Nama
JAKARTA - PT Zebra Nusantara Tbk (ZBRA) berencana mengadakan rapat umum pemegang saham (RUPS). Dalam RUPS tersebut, akan diumumkan rencana perubahan nama perseroan dikarenakan ZBRA masih dikenal luas sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi.
Padahal sejak diakuisisi oleh pengusaha ternama Rudy Tanoesoedibjo, bisnis ZBRA kini sudah bergerak di bidang distribusi logistik terintegrasi yang memiliki jaringan luas hingga pelosok daerah. Untuk itu, ZBRA ingin memperkuat image perusahaan yang bergerak di bidang distribusi dan logistik di Indonesia dengan cara melakukan rebranding atau perubahan nama perusahaan.
Di kuartal III tahun ini, dengan masuknya PT Dos Ni Roha atau DNR Corporation ke dalam ZBRA, emiten ini membukukan omzet dengaan kenaikan 30.000 persen. Ini membuktikan bahwa performa ZBRA terbantu dengan adanya DNR yang di tahun 2020 aktif di bidang logistik dan distribusi alat kesehatan.
"Kami berencana akan mengubah nama ZBRA karena persepsi masyarakat kebanyakan ZBRA masih melihat ZBRA sebagai perusahaan taksi. Kami akan ubah persepsi ini karena kita bukanlah ZBRA yang dulu lagi, tapi sudah bertransformasi dari segi bisnisnya. Di tahun 2020 DNR aktif dalam sektor logistik farmasi/kesehatan. Hal ini dibuktikan dengan performa kuartal III tahun ini yang melihat kenaikan omzet 30.000 persen," tutur Direktur ZBRA, Gary Tanoesoedibjo dalam keterangan tertulisnya, Senin 1 November.
Selain itu, rebranding dirasa menjadi salah satu strategi yang bagus untuk perusahaan ZBRA. Perusahaan ini sendiri sudah didirikan pada tahun 1987, di mana tentunya perlu dibuat lebih "segar" di market dengan cara melakukan brand rejuvenate dengan rebranding.
Baca juga:
"Banyaknya pesaing baru, market yang berkembang, tantangan yang terus menerus hadir, membuat ZBRA perlu bertransformasi bukan hanya dari bisnisnya tapi dari wajahnya untuk menjaga momentum di zaman yang penuh perubahan ini," kata Gary.
Dengan adanya rebranding, kata Gary, nama yang dipilih diharapkan menjadi wajah baru bagi ZBRA untuk lebih mudah dikenal masyarakat dan mendapat persepsi yang tepat dibenak masyarakat serta bisa lebih sesuai dengan perkembangan yang ada dan tetap inline di market.