6 Robot Menggemaskan yang Dapat Menemani Anda Setiap Hari

JAKARTA - Para peneliti banyak yang menciptakan robot untuk meringankan beban pekerjaan manusia, dapat berfungsi juga menjadi teman. Maka dari itu, berbagai inovasi dalam menghadirkan robot cukup beragam.

Robot juga dapat melakukan hal-hal yang tak terduga seperti bermain skateboard dan parkour, itulah mengapa robot memiliki daya tariknya sendiri.

Adapula robot yang benar-benar dapat menampilkan emosi seperti manusia. Menggemaskan bukan? Tidak perlu berlama-lama, berikut kumpulan robot dan inovasinya yang bikin menggemaskan.

1. Paro

Dikutip dari Pocket Lint, Sabtu, 30 Oktober, robot Paro diciptakan sebagai pendamping bagi orang yang menjalani terapi, untuk membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati orang-orang di rumah sakit dan fasilitas perawatan lanjutan.

Paro dilengkapi dengan lima sensor, sensor taktil, cahaya, audisi, suhu, dan postur. Paro dapat merespons sentuhan dan perubahan lingkungan yang akan menyesuaikan perilakunya. Ini termasuk bermain dengan pasien mereka, meniru suara anjing laut harpa dan menggerakkan tubuh dan kepalanya dengan cara yang hidup untuk menghibur pasien. Dengan sensor cahaya, Paro juga dapat mengenali terang dan gelap.

Karena sangat efektif, Guinness World Record pada 2002 lalu secara resmi mengakui Parow sebagai robot paling terapeutik di dunia dan telah terbukti sangat berguna dalam pengobatan pasien dengan penyakit demensia.

2. Woobo

Ini adalah robot berbulu yang dipasarkan untuk anak-anak. Woobo diklaim lebih cerdas dari robot lainnya. Robot ini menampilkan layar sentuh di tengah bodi yang bulat dan halus, di bawah sepasang telinga yang lembut.

Layar tersebut akan menampilkan berbagai ekspresi wajah Woobo tetapi juga dapat menjalankan aplikasi dan gim yang dirancang untuk mengajari anak-anak cara membaca, menulis, dan memecahkan masalah matematika. Asisten suara dapat menjawab pertanyaan dan bahkan dapat menggunakan Woobo untuk mengatur pengingat untuk anak-anak Anda, mulai dari memberi tahu mereka kapan harus menyikat gigi hingga kapan harus tidur, atau mengirimi mereka pesan.

3. Yume Neko Smile

Jika Anda menyukai hewan peliharaan berbentuk robot, Yume Neko Smile adalah jawabannya. Dibuat oleh Sega Toys, dan diterjemahkan dari bahasa Jepang ke Dream Cat Smile, Yume Neko ditutupi bulu palsu dan dilengkapi dengan sensor taktil di seluruh tubuh yang dapat menentukan bagaimana mereka disentuh, dan akan bereaksi dengan tepat.

Misalnya, menepuk kepala dan menggaruknya akan membuatnya mendengkur dan bergesekan dengan tangan Anda. Menarik ekornya atau mengelusnya terlalu banyak akan membuatnya marah.

4. Robear

Robear adalah robot aneh tetapi sangat lucu dan menggemaskan yang dirancang untuk membantu perawatan lansia, serta mengangkat lansia yang cacat fisik dari tempat tidur mereka ke kursi roda.

5. Buddy

Dibuat ebagai robot pendamping emosional pertama di dunia oleh pembuatnya Blue Frog robotics, Buddy adalah hewan peliharaan, asisten pribadi, teman bermain untuk Anda dan anak Anda.

Layar sentuhnya mampu menyiarkan panggilan video dan bermain gim, layarnya juga bisa menampilkan ekspresi wajah Buddy berdasarkan suasana hatinya. Ketika Anda tiba di rumah, wajah Buddy akan bersinar, namun ika Anda tidak memberikan perhatian yang cukup, Buddy akan menjadi pemarah atau sedih. Saat diajak bermain, Buddy akan tersenyum dan tertawa. Di luar fitur emosionalnya, Buddy juga dapat bertindak sebagai kamera keamanan, pengontrol rumah pintar, dan dapat digunakan untuk mengatur timer atau pengingat.

6. Somnox Sleep Robot

Robot mungil yang tidak memiliki wajah atau ekspresi ini, berfungsi seperti guling untuk menemani Anda tidur. Dan berkat bentuknya yang melengkung, Anda dapat memeluk Somnox dan robot ini akan menyelaraskan ritme pernapasan untuk membantu Anda mengatur dan memperlambat pernapasan Anda sendiri agar lebih mudah rileks dan tidur.

Somnox juga dapat memainkan berbagai suara, termasuk meditasi atau detak jantung dan, jika Anda bangun di malam hari, sensor pendeteksi gerakan akan mengaktifkan kembali fitur Sleep Robot untuk membantu Anda tertidur kembali.