Anies Baswedan Ingatkan Orang Tua Tak Ajak Anak ke Luar Rumah seperti saat Car Free Day

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar orang tua bertanggung jawab terhadap anak mereka dengan cara tidak mengajak anak keluar rumah di tengah pandemi COVID-19. Hal ini harus dilakukan mengingat anak menjadi kelompok rentan terjangkit oleh virus ini.

"Jadilah orang tua yang bertanggung jawab. Yang sadar bahwa anak-anak punya risiko," kata Anies kepada wartawan di Jakarta, Minggu, 26 Juli.

Kalaupun mengajak anak keluar rumah, kata dia, cukup dilakukan di sekitar rumah maupun kompleks perumahan saja dan harus tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Kalau bawa anak-anak di lingkungan sekitar rumah saja yang dekat dari rumah, di kampungnya, di kompleksnya sehingga jauh lebih aman daripada dibawa keluar," tegasnya.

Lebih lanjut, dirinya mengingatkan kepada orang tua untuk tidak membawa anaknya ke kawasan bersepeda termasuk di kawasan Sudirman-Thamrin yang biasa digunakan untuk kegiatan Car Free Day. Sedangkan untuk orang dewasa, Anies mengingatkan agar mereka tetap menggunakan masker meski sedang bersepeda.

"Yang penting adalah bagi masyarakat yang keluar tetap menggunakan masker," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

Sedangkan untuk antusiasme masyarakat yang melakukan olahraga di Jalan Sudirman-Thamrin, dia melihat masyarakat telah tertib melakukan protokol kesehatan dengan menggunakan masker. Anies menyebut hal ini harus dipertahankan. 

Selain itu, dia menyinggung jumlah masyarakat yang bersepeda di wilayah tersebut sekarang lebih sedikit. Sebab, ada 30 lokasi bersepeda yang telah dibuka sehingga tidak terpusat di dua ruas jalan tersebut.

"Ada 30 lokasi disebar tidak hanya di Jalan Sudirman dan Thamrin. Lalu kita menyaksikan bahwa volume jumlah masyarakat di Jalan Sudirman-Thamrin menjadi kecil walaupun tetap banyak orang tapi jauh lebih sedikit dibanding sebelumnya," pungkasnya.