Perempuan 24 Tahun Meninggal Dunia Usai Dosis Kedua, China Bantah Terkait Vaksin
JAKARTA - Seorang perempuan berusia 24 tahun di Provinsi Sichuan, China, meninggal dunia pada Jumat, 9 September setelah menerima suntikan vaksin COVID-19 dosis kedua.
Perempuan yang tinggal di Kabupaten Junlian tersebut sebelumnya tidak merasakan efek samping apa pun dari suntikan dosis kedua yang diterimanya hampir tiga bulan yang lalu.
Pemkab Junlian pada Minggu membantah rumor yang mengaitkan kematian perempuan itu dengan vaksin COVID-19.
Dalam pernyataan tertulis yang beredar di kalangan media China pada Senin, 6 September Pemkab Jiang mengungkapkan bahwa perempuan bermarga Jiang itu didapati mengalami gangguan fungsi hati (lever) sejak Rabu pekan lalu.
Dia kemudian pergi ke rumah sakit setempat pada Jumat malam. Dokter merekomendasikan perawatan intravena yang tepat untuk levernya.
Namun selama perawatan, Jiang mengalami beberapa gejala, termasuk ketidaknyamanan pada tenggorokan, sesak napas, kehilangan kesadaran, dan serangan jantung.
"Dia kemudian meninggal pada hari itu juga," demikian pernyataan otoritas setempat dilansir Antara, Senin, 6 September.
Kematian tersebut mengguncang dunia maya China karena dikait-kaitkan dengan vaksin COVID-19.
Baca juga:
- Juru Parkir yang Ditembak saat Kejar Perampok Toko Emas di Medan Dapat Bantuan Renovasi Rumah dari Pengusaha
- Pengelola Pondok Indah Mall Milik Konglomerat Murdaya Poo Raup Pendapatan Rp670 Miliar dan Laba Rp159 Miliar di Semester I 2021
- Warga Gempar! 50 Meter dari Pria Gantung Diri di Hutan, Polisi Temukan Jenazah Wanita Terbungkus Karung
- Tanggapi Putusan MK, Novel Baswedan: TWK Konstitusional Bukan Berarti Pelanggaran Dibenarkan
Pemkab Junlian menjelaskan bahwa korban menerima vaksin dosis pertama pada 30 Mei dan dosis kedua pada 21 Juni tanpa ditemukan efek samping.
"Insiden tersebut tidak ada kaitannya dengan vaksinasi," tegas otoritas setempat.
Walau begitu pemerintah daerah setempat akan melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk menjawab rumor yang terlanjur beredar luas di media sosial.