IHSG Selasa Dibuka Melemah Tipis 3,58 Poin ke Level 4.915,25

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah tipis pada perdagangan Selasa 23 Juni. IHSG dibuka menguat 0,07 persen atau 3,58 poin ke level 4.915,25.

Membuka perdagangan, 24 saham menguat, 42 saham melemah, dan 55 saham stagnan. Volume perdagangan tercatat 34,55 juta lembar saham dan ditransaksikan senilai Rp19,94 miliar.

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama memprediksi IHSG hari ini bergerak turun. "Ada potensi koreksi lanjutan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke support terdekat," katanya.

Area support yang dimaksud oleh Nafan berada pada level antara 4.865 hingga 4.778. Sementara itu, area resistance ada pada rentang level antara 4.975 hingga 5.097.

Adapun sejumlah rekomendasi saham yang dapat menjadi pertimbangan investor, antara lain PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI), PT Estika Tata Tiara Tbk (BEEF), PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Matahari Department Store Tbk (LPPF), PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA), dan PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS).

Pendapat berbeda diungkapkan analis PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk (RELI), Lanjar Nafi. Menurutnya IHSG akan menguat dan berupaya menuju target resistance terdekat di level 5.010.

Secara teknikal, jelas Lanjar, IHSG berada pada level support yang mendekati area jenuh beli. "Sehingga, kami memperkirakan IHSG kembali berpeluang bergerak fluktuatif dalam kecenderungan yang mencoba untuk menguat, dengan support resistance di rentang 4.863-5.010," ujar Lanjar.

Di tengah potensi penguatan IHSG pada perdagangan hari ini, Lanjar menyodorkan sejumlah saham yang bisa dicermati pelaku pasar, yakni PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Aneka Tambang (Persero) Tbk ANTM, PT Bank Danamon Tbk (BDMN), PT Barito Pacific Tbk (BRPT), dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR).