Cara Mengunci atau Membuka Kunci Layar HP Android Menggunakan Suara

YOGYAKARTA - Apakah Anda tahu jika Google menyediakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan perangkat tanpa tangan. Ya, benar-benar bebas tangan. Dan yang Anda butuhkan adalah perintah yang diucapkan. 

Kecanggihan ini bisa tercapai berkat dukungan platform Google Assistant. Asisten virtual ini diluncurkan perusahaan bebarengan dengan rilis Google Pixel. 

Sejak awal kehadirannya cukup mencuri perhatian. Karena perusahaan sudah membekalinya dengan kemampuan yang lebih baik dibanding pendahulunya, yakni Google Now. 

Layaknya seorang asisten, platform bikinan Google ini bisa membantumu mengoperasikan beragam fitur perangkat. Tak terkecuali fitur untuk mengunci dan membuka kunci layar. 

Ingin tahu bagaimana cara mengunci atau membuka kunci layar HP Android menggunakan Google Assistant? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak uraian yang sudah dirangkum tim VOI dari berbagai sumber berikut ini.

Cara Memasang Google Assistant di Android

Untuk mencicipi fitur kunci layar menggunakan suara, Anda perlu memasang aplikasi Google Assistant terlebih dulu. Biasanya, ponsel dengan versi sistem operasi Android terbaru (mulai dari Android 7.0 Nougat ke bawah) sudah dibekali aplikasi ini. 

Anda hanya perlu mengaktifkan lalu memberi ijin aplikasi untuk mengakses beberapa fitur perangkat. Caranya, buka aplikasi Google, ketuk menu Lainnya, lalu pilih Setelan, dan pilih menu Asisten Google. 

Sementara itu, untuk perangkat Android dengan versi sistem operasi yang lebih lawas, Anda perlu memasang aplikasi secara manual. Tenang saja, semua perangkat yang menjalankan Android Lollipop sudah bisa mengaktifkan layanan ini. Dan Anda cuma perlu mengunduh aplikasi lewat Play Store saja.

Cara Mengunci Layar HP Android Menggunakan Suara

Saat awal diluncurkan, Android memperbolehkan pengguna untuk membuka atau mengunci layar pakai suara dengan Google Assistant.Tapi, itu dulu. Kini,perintah tersebut tak lagi ada. Sejak awal tahun 2021,Google sudah menghapus fitur ini pada seluruh versi sistem operasi Android.

Sebagai gantinya, perusahaan menawarkan layanan dalam bentuk perintah suara ketika layar terkunci. Ya, jika Anda mengaktifkan Google Assistant, maka Anda bisa langsung memberi perintah untuk membuka aplikasi atau fitur tertentu meskipun layar masih dalam kondisi terkunci.

Meskipun sudah dihapus, Anda tetap bisa mengunci layar HP Android menggunakan suara saja. Tapi, langkahnya agak sedikit memutar. Pasalnya, Anda perlu membuat serangkaian perintah yang disebut Rutinitas. 

Dengan mengatur perintah suara dalam Rutinitas, maka kemampuan Google Assistant pun akan bertambah. Dan membuka kunci layar hanya salah satu fitur yang bisa Anda dapatkan