IHSG Dibuka Menguat 0,45 Persen ke Level 5.008,74

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat pada perdagangan Rabu 17 Juni. IHSG dibuka menguat 0,45 persen atau 22,28 poin ke level 5.008,74.

Membuka perdagangan, 82 saham menguat, 23 saham melemah, dan 35 saham stagnan. Volume perdagangan tercatat 57,75 juta lembar saham dan ditransaksikan senilai Rp35,52 miliar.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi memperkirakan IHSG hari ini bergerak menguat terdorong sentimen stimulus The Fed.

Selain itu, secara teknikal pergerakan indeks sudah berada pada tren positif. Hasil analisis teknikalnya menunjukan IHSG hari ini bergerak positif dengan area support dan resistance di rentang level 4.891 hingga 5.117.

"Penguatan di sesi perdagangan terakhir semakin mengonfirmasi uptrend jangka menengah IHSG," kata Lanjar dalam risetnya.

Saham-saham yang dapat dicermati investor pada perdagangan hari ini antara lain, PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), dan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM).

Kemudian, investor juga dapat mencermati saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), PT bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Barito Pacific Tbk (BRPT), PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP), PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM).