India Mulai Gunakan Blockchain Ethereum untuk Memverifikasi Sertifikat Diploma

JAKARTA - Pemerintah negara bagian Maharashtra, baru-baru ini mengumumkan kemitraan dengan startup blockchain India, LegitDoc, untuk menerapkan sistem kredensial yang didukung oleh Ethereum untuk memberikan sertifikat diploma anti-rusak.

Untuk mengatasi peningkatan pemalsuan dokumen, Dewan Pengembangan Keterampilan Negara Bagian Maharashtra (MSBSD) menentang narasi larangan kripto India menggunakan blockchain publik berbasis Ethereum. 

Dalam sebuah pernyataan eksklusif dengan Cointelegraph, CEO LegitDoc Neil Martis menyoroti bahwa sementara sertifikat diverifikasi menggunakan metode manual tradisional.  MSBSD akan mulai menganjurkan hanya metode verifikasi digital untuk semua permintaan verifikasi manual mulai tahun depan.

“Kami memiliki perintah kerja aktif dari Pemerintah Karnataka (Departemen Teknologi Informasi dan Bioteknologi). Kami sedang dalam pembicaraan dengan Pemerintah Telangana (departemen pendidikan sekolah) dan departemen pendidikan Tinggi & Teknik Maharashtra untuk menerapkan LegitDoc untuk komunitas siswa mereka,” kata Martis. 

“Institusi utama seperti Institut Teknologi Nasional (Surathkal) dan Universitas Ashoka sedang dalam pembicaraan untuk menerapkan solusi serupa untuk melawan pemalsuan dokumen yang sedang berlangsung,” tambah Martis.

Kemitraan dengan LegitDoc menempatkan India di antara pengadopsi awal untuk menerapkan sistem e-governance untuk pendidikan dengan Massachusetts Institute of Technology, Malta dan Singapura.

Mengutip kemampuan blockchain dalam membatasi penipuan terkait pemalsuan dokumen, Anil Jadhao, ketua MSBSD, mengapresiasi langkah itu. 

“Dalam 10 tahun terakhir, telah terjadi peningkatan yang merajalela dalam pemalsuan dokumen yang dikeluarkan pemerintah yang telah menyebabkan kerugian finansial dan reputasi yang besar bagi para pemangku kepentingan yang terlibat,” kata Anil Jadhao.

Menindaklanjuti implementasi MIT dari diploma blockchain tamper-proof, Cointelegraph melaporkan sudut pandang Stuart Madnick bahwa blockchain hadir dengan serangkaian tantangan uniknya.

Sebagai peringatan, Madnick berpendapat, jika blockchain bisa menjamin keamanan.  “Intinya adalah bahwa sementara sistem blockchain mewakili kemajuan dalam enkripsi dan keamanan, sistem ini rentan dalam beberapa cara yang sama seperti teknologi lainnya, serta memiliki kerentanan baru yang unik untuk blockchain. Faktanya, tindakan atau kelambanan manusia masih memiliki konsekuensi signifikan bagi keamanan blockchain,” kata Stuart Madnick.