Uang Kripto Bakal Langgeng, Ukraina Siap Luncurkan Kartu Kredit Bitcoin

JAKARTA - Seiring kemajuan teknologi digital pemerintah Ukraina mulai membuat undang-undang terkait cryptocurrency. Sementara  e-bank utama di negeri itu sedang bersiap untuk meluncurkan kartu debit yang menampilkan perdagangan Bitcoin (BTC).

Pada Senin 5 Juli, salah satu pendiri Monobank Oleg Gorokhovsky mengumumkan bahwa aplikasi perbankan online Ukraina Monobank telah menyelesaikan integrasi percontohan dengan platform perdagangan mata uang kripto.

Menurut eksekutif bank itu, integrasi baru akan memungkinkan pengguna Monobank untuk membeli dan menjual Bitcoin dengan kartu debit. Monobank mengharapkan untuk merilis fitur baru akhir bulan ini sambil menunggu persetujuan dari Bank Nasional Ukraina.

Monobank yang diluncurkan pada tahun 2017 dan beroperasi di bawah lisensi Universal Bank, yang dimiliki oleh taipan Sergey Tigipko. Ia adalah, mantan kepala bank sentral dan mantan Wakil Perdana Menteri Ukraina. Pada Agustus 2020, basis pengguna Monobank dilaporkan telah mengumpulkan lebih dari 2,5 juta pelanggan.

Gorokhovsky dari Monobank, yang juga mantan wakil ketua dewan di PrivatBank, yakni bank komersial terbesar di Ukraina, menyatakan optimismenya tentang Bitcoin awal tahun ini. 

Dalam sebuah posting Facebook pada bulan Februari, Gorokhovsky mengatakan bahwa pembelian Bitcoin senilai 1,5 miliar dolar AS (Rp21 triliun) dari Tesla akhirnya meyakinkan mereka untuk percaya bahwa Bitcoin akan tetap ada. 

Dia juga mengungkapkan kepemilikan pribadi yang substansial dalam Bitcoin. Bahkan memprediksi bahwa BTC akan mencapai 100.000 dolar AS (Rp1,4 miliar) pada tahun 2022.

Otoritas Ukraina juga terus mengembangkan serangkaian tagihan terkait mata uang digital. Oleksandr Bornyakov, Wakil Menteri Kementerian Transformasi Digital, mengumumkan Rabu lalu bahwa pihak berwenang merekomendasikan adopsi rancangan undang-undang yang diperbarui "Tentang Aset Virtual".

Pada Rabu 30 Juni, parlemen Ukraina juga mengesahkan undang-undang baru yang mengatur metode pembayaran, termasuk peraturan mengenai mata uang digital di bank sentral Ukraina.