Duka dan Haru Didi Mahardika Ditinggal Ibu Tercinta Rachmawati Soekarnoputri

JAKARTA - Jenazah almarhumah Dr. (H.C) Hj. Rachmawati Soekarnoputri, SH, MH telah dikebumikan persis di sisi pusara ibunda tercinta Fatmawati Soekarno. Didi Mahardika sebagai putra kandung mendiang tampak tegar mengantarkan sang ibunda ke pemakaman didampingi kerabat dan sahabat.

Pemakaman yang berlangsung di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, pada Sabtu 3 Juli dilaksanakan dengan protokol COVID-19.  Soalnya mendiang memang dikabarkan terpapar virus corona sebelum menghembuskan napas yang terakhir di RSPAD Gatot Soebroto.

Sabtu siang, suasana TPU Karet Bivak terlihat cerah. Persiapan untuk menyambut kedatang jenazah mendiang Rachmawati Soekarnoputri sudah terlihat beberapa jam sebelum proses pemakaman dilaksanakan.

Peti jenazah Rachmawati Soekarnoputri. (Istimewa)  

Karena almarhumah mengidap COVID-19 dan juga suasana kota Jakarta sedang menerapkan PPKM Darurat, tak banyak yang bisa menghadiri pemkaman ini. Hanya keluarga inti yang diperkenankan untuk mengantarkan jenazah yang dimakamkan di Blok AA 1 Blad 7  TPU Karet Bivak No. 19 Jakarta Pusat.  

Beberapa orang petugas yang bertugas mengusung peti jenazah menggenakan busana APD warna putih.  Sementara pihak keluarga inti seperti Didi Mahardika, Anjasmara dan Nanda Persada sebagai sahabat serta keluarga yang mayoritas mengenakan busana hitam berada di dekat liang lahat.

Didi sebagai putra kandung amat berduka dengan kepergian sang bunda. Menurut dia masih banyak pekerjaan rumah yang masih harus diselesaikan, namun apa mau dikata sang bunda sudah pergi untuk selamanya. "Masih banyak yang perlu diselesaikan namun ibu sudah sakit duluan dan kini dia telah pergi untuk selamanya. Kita harus meneruskan perjuangan beliau. Mohon doanya ya teman-teman," kata Didi kepada wartawan mencegatnya usai pemakaman tanpa merinci apa gerangan pekerjaan rumah yang dimaksud.

Soal pemilihan TPU Karet Bivak, masih menurut Didi memang sudah keiginan amarhumah Rachmawati Soekarnoputri. "Sebelum dia sakit memang sudah pesan kalau suatu saat dia tiada minta dimakamkan di TPU Karet Bivak ini," katanya.