Vokalis Opeth Mikael Akerfeldt Garap Scoring Serial Netflix, Clark

JAKARTA - Vokalis Opeth Mikael Akerfeldt akan menggarap scoring serial Netflix terbaru, Clark yang disutradarai Jonas Akerlund. Serial drama yang terdiri dari enam episode ini bercerita tentang kriminal Swedia Clark Olofsson. 

Olofsson akan diperankan oleh Bill Skarsgard, yang dikenal dengan perannya yang menyeramkan dan ikonik tentang Pennywise dalam kisah Stephen King It. Akhir tahun ini, ia membintangi film Netflix The Devil All The Time dan dalam film Sundance, Nine Days untuk Sony Pictures Classic. 

Di televisi, Skarsgard baru-baru ini membintangi Castle Rock  sebuah seri drama psikologis dari J.J. Abrams dan Stephen King yang ditayangkan Hulu.

Berdasarkan kebenaran dan kebohongan dari otobiografi Olofsson, serial berbahasa Swedia ini akan menampilkan tahun-tahun awal Clark hingga saat ini. Gangster yang terkenal itu memulai karier kriminalnya di tahun 1960-an dan menjadi salah satu tokoh paling kontroversial dalam sejarah Swedia kontemporer. 

Dihukum karena beberapa tuduhan penyelundupan narkoba, percobaan pembunuhan, penyerangan, pencurian, dan puluhan perampokan bank, dia telah menghabiskan lebih dari setengah hidupnya di balik jeruji besi dan meninggalkan jejak trauma, patah hati, kekecewaan, dan kehancuran. 

Pada tahun 1970-an, Clark memunculkan ide The Stockholm Syndrome selama perampokan bank yang gagal di Stockholm. Sejak itu, ia mempertahankan posisinya sebagai penjahat selebriti yang membodohi seluruh Swedia agar jatuh cinta padanya. Seperti yang dia inginkan.

"Clark adalah kisah tentang orang yang secara politis paling salah, yang menjalani kehidupan yang secara politis salah. Ini adalah jenis cerita yang selalu saya cari. Ini adalah biografi yang sangat keras, jenaka, emosional, nyata dan surealis untuk menyebut nama Stockholm Syndrome, tetapi ini bukan hanya tentang perampokan Norrmalmstorg, ini tentang seluruh hidupnya dan apa yang membuatnya menjadi dirinya, kebenaran dan kebohongan dari kariernya yang luar biasa," kata sutradara Akerlund tentang film garapannya. Melansir Blabbermouth, Rabu, 13 Mei.

"Bill Skarsgard adalah pasangan sempurna untuk film ini dan dia akan membawa Stockholm Syndrome ke dalam perannya. Dan Netflix adalah platform yang sempurna, mereka bukan hanya layanan streaming terbesar, mereka juga memiliki keberanian untuk menceritakan kisah yang luar biasa ini," lanjut sang sutradara.

Skarsgard menimpali. Clark Olofsson, kata dia, baik dan buruknya merupakan salah satu individu Swedia yang paling penuh warna dan memesona. Ia  menerima tantangan ini dengan senang berbaur dengan teror dan berpikir bahwa dengan dukungan Jonas dan Netflix, mereka dapat menceritakan kisah terobosan dengan kecepatan dan kegilaan yang mungkin belum pernah mereka lihat di TV sebelumnya.

"Kehidupan dan sejarah Clark sangat luar biasa dan kacau sehingga bahkan akan membuat Scorsese memerah," tutur Skarsgard.

Sementara itu Tesha Crawford, direktur International Originals Northern Europe di Netflix, mengatakan: "Kami benar-benar berharap untuk melanjutkan kolaborasi hebat kami dengan Jonas Akerlund dan Bill Skarsgard. Kami tidak dapat membayangkan tim yang lebih baik untuk menceritakan kisah rumit tentang Clark Olofsson dan bagaimana ia menjadi salah satu kepribadian paling kontroversial di zaman Swedia modern."

Sejauh ini, belum ada komentar resmi dari pentolan band progressive death metal, Akerfeldt terkait keterlibatannya dalam penggarapan scoring serial yang digarap perusahaan produksi Skandinavia Content Group ini.