Rupiah Kamis Berhasil Ditutup Menguat ke Rp14.000-an

JAKARTA - Rupiah menunjukkan keperkasaannya hari ini, Kamis 30 April. Nilai tukar rupiah di pasar spot ditutup menguat 2,70 persen atau 414 poin ke level Rp14.882 per dolar AS.

Beragam sentimen positif yang dilontarkan Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra tadi pagi terbukti. Rupiah pun menalami penguatan paling besar di kawasan Asia sore ini.

"Sentimen positif dipicu oleh laporan kemajuan pengujian obat dari Gilead Sciences, The Fed yang masih mendukung suku bunga acuan dekat nol, harga minyak mentah yang menguat, laporan earnings perusahaan teknologi besar AS yang bagus seperti Facebook dan Microsoft," jelas Ariston kepada VOI.

Selain itu, kata Ariston, pelonggaran lockdown di beberapa negara pandemi dan data indeks aktivitas manufaktur China yang bertumbuh di bulan April membawa hawa positif bagi aset berisiko. "Memberikan indikasi awal ke pasar bahwa ekonomi global mulai pulih," tuturnya.

Sore ini, nyaris semua mata uang utama di Asia Pasifik menguat di hadapan dolar AS. Mulai dari yen Jepang, dolar Singapura, ringgit Malaysia, baht Thailand, hingga peso Filipina. Nasib berbeda dialami dolar Hong Kong yang melemah tipis 0,01 persen terhadap dolar AS.