Kronologi Suami Joanna Alexandra, Raditya Oloan Terpapar COVID-19 Hingga Meninggal Dunia

JAKARTA - Batas usia suami Joanna Alexandra, Raditya Oloan berakhir pada hari Kamis, 6 Mei. Meninggalnya Raditya membuat keluarga, teman, bahkan warganet berduka. Raditya Olon meninggal saat dirawat di RS karena terpapar virus covid-19. 

Kabar Raditya dan Joanna terpapar COVID-19 diketahui dari unggahan Joanna di Instagram pada 14 April. Joanna Alexandra mengabarkan ia dan Raditya Oloan positif Covid-19. Saat itu, Joanna mengungkapkan ia dan sang suami sudah berada di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet.

"So we are now at Wisma Atlet Kemayoran, rumah sakit darurat covid. Bersyukuur bisa kesini dan dapet pengobatan dan pelayanan yang baguuus banget. Dapet semangat dan good energy vibes from aaaalll the doctors and nurses," tulis Joanna sambil mengunggah foto bersama Raditya. 

Joanna terus meng-update kondisi diri dan keluarganya di Instagram. 18 April dia mengabarkan Raditya yang memiliki asma harus dirujuk ke RS Persahabatan. "Kemarin siang, Radit dirujuk ke RSUP Persahabatan, disana masuk ICU, supaya lebih baik ya daddyy..." tulisnya.

Dalam foto di ambulans, Raditya masih semangat dengan memberikan jari tanta victory atau kemenangan. "So in total, di rumahku dan rumah mama ada 10 orang yg positif... puji Tuhan papaku sehaaat dan Zoey juga negatif..

Grateful for this whole experience though.," tulis Joanna. Dia juga mengatakan kangen pada suaminya di unggahan kali ini. 

Satu persatu keluarga Joanna mulai negatif COVID-19 pada 26 April. Raditya juga sebenarnya sudah negatif, namun peradangan hebat membuat dia sulit bernafas. 

Jumat, 30 April, Radit mengabarkan dirinya masih harus menjalani perawatan di ICU meski telah dinyatakan negatif Covid-19.

Ia mengungkapkan badannya mengalami peradangan karena dampak terkena Covid-19. "Hari ini adalah salah satu yang tersedih buat gue. Gue udah menunggu hari Jumat or ar least Sabtu bisa pulang ke rumah. Tapi Tuhan berkata lain. Pagi gue ngedrop dan harus dipindahkan ke ICU. Jujur pas gue denger kabar ini. Gue kesel banget, down banget bahkan nangis kaya anak kecil," tulis Raditya di Instagram.

"Btw, tadi pagi gue udah di swab dan hasilnya negatif. Tapi si covid itu sempet bikin serangan sampe badan gue terjadi peradangan. Dukung dalam doa ya guys!" lanjutnya.

2 Mei, Joanna mengunggah foto video call dengan Raditya. Nampak radit masih sadar dan tersenyum kepada Joanna. Namun, ternyata itu adalah kenangan terakhir Joanna dengan suaminya dalam kondisi sadar. 

"Ini foto semalem sebelum mau masuk ICU dan hp-nya mau diambil. Sekarang Radit di ICU, kondisi sangat kritis mau pake vent.. Please prayyy.. declare healing, strength, peace, and whatever else comes into your mind," tulisnya.

Joanna berharap bisa berkumpul kembali setelah suami sembuh diunggahan terbarunya, 5 Mei. Namun takdir berkata lain, Raditya menghembuskan nafas terakhirnya, 6 Mei.Dampak peradangan hebat tak sanggup ditanggung oleh tubuh Raditya. 

Jenazah Raditya Oloan untuk sementara disemayamkan di Rumah Duka Sentosa di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Suami Joanna Alexandra, Raditya Oloan akan dimakamkan di San Diego Hills Memorial Park, Karawang, Jawa Barat pada hari Minggu, 9 Mei. "Dimakamkan secara normal," bunyi pesan yang disampaikan Intan RJ kepada awak media.