Apple Sempat Ingin Bawa iMessage untuk Pengguna Android

JAKARTA - Eksekutif Apple Eddy Cue sempat berencana untuk menghadirkan iMessage ke Android pada awal 2013. Hal itu terungkap dari dokumen yang dipublikasikan pada kasus Epic Games beberapa waktu lalu.

Mengutip The Verge, menurut Cue seluruh tim mendukung keputusannya tersebut, namun karena rencananya itu telah ditolak oleh eksekutif lain. Alhasil aplikasi perpesanan iMessage tak jadi dibawanya ke Android karena akan menyebabkan Apple kehilangan salah satu aplikasi terpenting di lingkungan seluler Google.

“Kami benar-benar perlu menghadirkan iMessage ke Android. Ada beberapa orang yang menyelidiki hal ini, tetapi kita harus bekerja secepatnya dan menjadikan ini sebagai proyek resmi," ungkap Cue.

Dia menambahkan bahwa menghadirkan iMessage ke Android dapat membantu Apple menetapkan standar industri baru.

Namun, eksekutif Apple lainnnya Craig Federighi memiliki beberapa pertanyaan tentang bagaimana mereka dapat meyakinkan pengguna Android untuk beralih ke iMessage, terutama jika mereka tidak memiliki teman yang menggunakan iOS.

Perdebatan Cue dengan Federighi mencerminkan kebingungan sebelumnya atas FaceTime, yang awalnya Steve Jobs berjanji sediakan sebagai standar terbuka tetapi pada akhirnya terbatas hanya pada perangkat iOS.

Ketersediaan iMessage telah menjadi titik pahit khusus dalam persaingan antara Android dan iOS, dengan adanya iMessage di Android dapat melampirkan stigma sosial yang signifikan pada ponsel Android.