Selama 8 Hari Hang Nadim Batam Sudah Layani 693 Penerbangan
JAKARTA - PT Bandara Internasional Batam (BIB), pengelola Bandara Internasional Hang Nadim Batam, melayani 693 penerbangan dalam delapan hari, terhitung dari 18-25 Desember, guna mendukung kelancaran perjalanan selama momen libur Natal 2024-Tahun Baru 2025.
Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam Pikri Ilham Kurniansyah di Batam, Rabu, mengatakan, lonjakan penumpang dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti harga tiket, meningkatnya aktivitas mudik Natal, liburan akhir tahun, dan pemulihan ekonomi yang mendorong mobilitas masyarakat.
Ia menyampaikan, sejak dibukanya posko terpadu angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, pada 18-25 Desember 2024 jumlah pergerakan penumpang mencapai 102.571 orang.
“Dengan akumulasi penumpang berangkat 49.045 orang dan penumpang datang 53.526 orang,” ujar Pikri.
Untuk puncak pergerakan penumpang periode arus mudik Natal-Tahun Baru terjadi pada 19 Desember 2024 sebanyak 15.203 orang atau naik 39,6 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, dengan akumulasi keberangkatan 8.265 penumpang dan kedatangan 6.938 penumpang.
“Kami juga berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik demi kenyamanan dan keamanan para pengguna jasa bandara, terutama pada masa libur natal dan tahun baru seperti ini,” ujar dia.
Baca juga:
- Selain Turunkan Berat Badan, 7 Khasiat yang Dirasakan Tubuh Jika Minum Espresso
- Studi, Ternyata Perempuan Lajang Lebih Bahagia Dibanding Laki-laki, Ini Alasannya
- Ganti Kunafa dengan Bihun, Viral Seleb TikTok Mursid Bikin Cokelat Dubai Versi Kreasi Sendiri
- Dua Cara Mudah Bantu Atasi Kecanduan Minum Kopi
Pikri mengatakan, untuk antisipasi peningkatan volume penumpang, manajemen BIB telah mengambil langkah-langkah strategis seperti, melayani penerbangan tambahan, penguatan operasional, dan optimalisasi mempercantik terminal.
Lebih lanjut, ia menjelaskan, untuk meningkatkan kenyamanan saat melakukan perjalanan udara, manajemen BIB juga telah menambah dan
menyediakan beberapa fasilitas lainnya seperti tematik Natal, ruang istirahat transit, mesin cek-in mandiri, mushola, toilet, area bermain anak, layanan pelanggan terpadu maskapai, transportasi online dan taksi bandara, serta komersial area baru yang menyediakan berbagai jenis pilihan oleh-oleh dan tempat makan dengan citra rasa khas nusantara.
Manajemen BIB juga mengimbau agar penumpang datang lebih awal untuk menghindari kepadatan dan memastikan proses cek-in berjalan lancar serta memanfaatkan fasilitas yang tersedia di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.