Jurus ASDP dan Pelni Tangkal Calo Tiket pada Periode Natal dan Tahun Baru
JAKARTA - BUMN transportasi laut PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni meyiapkan jusurus ampuh untuk mengantisipasi calo tiket di pelabuhan selama Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.
Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Heru Widodo mengatakan salah satu cara untuk mengantisipasi calo adalah dengan tidak lagi menerarapkan sistem pembelian tiket langsung di pelabuhan.
Heru bilang tiket ASDP hanya bisa dibeli melalui aplikasi Ferizy. Dia bilang sistem pembelian tiket melalui online ini diterapkan untuk mengantisipasi terjadinya antrean kendaraan di pelabuhan.
“Terkait dnegan calo kalo kami dari ASDP punya pelayanan tiket secara online, Ferizy namanya. Jadi kita di pelabuhan sudah tidak lagi kita buka loket secara go show. Itu sudah tidak ada. Kenapa kita lakukan sistem itu. Karena kita ingin menghilangkan calo yaitu dengan tiket online tadi,” kata Heru dalam konferensi pers di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis, 19 Desember.
Heru mengatakan keberadaan calo tiket sendiri masih menjadi pekerjaan rumah (PR) bersama. Meski begitu, dia menyakini dengan sistem online melalui Ferizy ataupun loket lainnya dapat menghilangkan calo tiket.
“Memang calo ini jadi PR kita bersama, tapi saya yakin ke depan dengan sistem kita yang baik, kemudian ketegasan mitra kita tentu calo ini lama-lama akan berkurang. Apalagi kita sudah tiket online yang semuanya kita beli lewat online,” ucapnya.
Heru pun mengingatkan bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan pada libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Mulai dari tiket, kondisi kendaraan hingga fisik yang prima.
“Tolong perhatikan kondisi fisik dan kendaraan. Pastikan fisik siap karena cuaca ekstrim ini tidak bisa kita lawan tapi kita kondisikan,” katanya.
Baca juga:
Sementara itu, Dirut Pelni Tri Andayani mengatakan dengan penjualan tiket melalui online dipastikan tidak akan ada calo.
Sebab, kata dia, telah memiliki layanan integrasi dengan Pelindo.
“Kalau untuk calon kami di Pelni sudah ada layanan integrasi antara Pelni dengan Pelindo yang mana tiket mereka sudah pakai auto pin yang untuk masuk ke terminal kami dan seluruh terminal sudah seperti itu. Sehingga calo penjual tiket sudah tidak ada,” ujar Anda.