AWS Luncurkan Solusi untuk Mengurangi Waktu Pemulihan Akibat Serangan Siber
JAKARTA - Amazon Web Service (AWS) meluncurkan AWS Security Incident Response, sebuah layanan yang bertujuan untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan bisnis untuk pulih dari serangan siber.
“Tim keamanan sering kali menghadapi banyak sekali peringatan harian, yang menyebabkan potensi kesalahan prioritas sumber daya dan berkurangnya efektivitas,” kata Betty Zheng adalah Advokat Pengembang Senior di AWS dalam blog AWS pada Senin, 2 Desember.
Layanan ini dibuat khusus untuk membantu pelanggan mempersiapkan, menanggapi, dan memulihkan diri dari berbagai peristiwa keamanan, termasuk pengambilalihan akun, pelanggaran data, dan serangan ransomware.
Selain itu, layanan ini juga memfasilitasi komunikasi dan koordinasi serta menyediakan akses 24/7 ke pakar keamanan dari AWS Customer Incident Response Team (CIRT) yang dapat membantu perusahaan selama kejadian keamanan.
AWS Security Incident Response memiliki tiga kemampuan inti dalam membantu pelanggan secara efektif mempersiapkan, menanggapi, dan memulihkan dari peristiwa keamanan, di antaranya adalah:
Baca juga:
- Security Incident Response secara otomatis memilah temuan keamanan dari GuardDuty dan alat pihak ketiga yang didukung melalui Security Hub untuk mengidentifikasi insiden berprioritas tinggi yang memerlukan perhatian segera, sehingga diharapkan bisa membantu tim fokus pada peringatan keamanan yang penting.
- Layanan ini menyederhanakan respons insiden dengan menawarkan aturan notifikasi yang telah dikonfigurasi dan pengaturan izin yang dapat diperluas ke pemangku kepentingan internal dan eksternal, termasuk penyedia keamanan pihak ketiga. Kemampuan tambahan mencakup pelacakan dan pelaporan riwayat kasus otomatis, yang memungkinkan tim keamanan untuk fokus pada upaya perbaikan dan pemulihan.
- Pelanggan memperoleh akses ke alat investigasi layanan mandiri dan dukungan 24/7 dari AWS CIRT. Pelanggan juga memiliki kemampuan untuk menangani insiden secara mandiri atau bekerja sama dengan vendor keamanan pihak ketiga.
Namun, selain tiga kemampuan inti tersebut, pelanggan juga mendapatkan manfaat dari dasbor layanan dengan metrik yang membantu mereka mengukur, memantau, dan meningkatkan kinerja respons insiden keamanan dari waktu ke waktu.
Simak breaking news dan berita pilihan Anda langsung di ponsel. Pilih saluran andalan akses berita voi.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VamlU850gcfBaMTjry0w. Pastikan Anda sudah install aplikasi WhatsApp.