Aplikasi 10 Rumah Aman Penunjang PeduliLIndungi dari Kominfo

JAKARTA - Penyebaran wabah COVID-19 di Indonesia saat ini sedang menjadi perhatian pemerintah, meski jumlah pasien yang sembuh cukup banyak. Namun, hal ini harus tetap diwaspadai. Untuk itu, pemerintah merilis aplikasi 10 Rumah Aman.

Aplikasi yang juga dikembangkan oleh Kantor Staf Presiden (KSP) yang didukung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai upaya mendukung kegiatan physical distancing masyarakat Indonesia. Seperti diketahui untuk memutus rantai wabah COVID-19, Pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk melakukan kegiatan belajar, bekerja, dan ibadah dirumah.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan, aplikasi 10 Rumah Aman yang baru saja diluncurkan ini merupakan aplikasi berbasis teknologi Artificial Intelligence (AI). Aplikasi tersebut dapat membantu masyarakat mencegah penyebaran virus COVID-19 berbasis gotong royong.

“Masyarakat dapat mengukur suhu tubuhnya sendiri, memeriksa kesehatan secara mandiri dan memantau daerah atau masyarakat mana yang memiliki  potensi penyebaran COVID-19, melalui pantauan suhu tubuh agar dapat menghindari daerah tersebut,” ungkap Menkominfo Johnny melalui sambungan video teleconference bersama Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko sebagaimana dihimpun tim VOI.

Tampilan Aplikasi 10 Rumah Aman (dok. Kominfo)

Menkominfo menjelaskan bahwa melalui telepon seluler, aplikasi 10 Rumah Aman dapat menghubungkan data berbasis peta, lingkungan sekitar, dan juga terhubung dengan platform media sosial.

“Aplikasi ini juga ingin memastikan bahwa seluruh masyarakat tetap berada di dalam rumah, bekerja, belajar, dan beribadah di rumah, saling mengingatkan dan menjaga agar selalu dalam keadaan sehat dan baik dengan menjaga jarak aman," sambung Johnny.

Digadang-gadang, aplikasi 10 Rumah Aman ini sebagai pelengkap dari aplikasi yang sebelumnya juga diluncurkan Kominfo yakni PeduliLindungi. Untuk itu, mari kita bahas bagaimana fitur unggulan yang ditanamkan di aplikasi 10 Rumah Aman ini.

1 Fitur Mengukur Suhu Tubuh

Pengguna bisa mengukur suhu tubuh pada diri sendiri dan seluruh penghuni rumah setiap hari. Kemudian mengingatkan tetangga sekitar tentang keadaan dan kesehatan melalui telepon atau aplikasi pesan instan, sehingga beberapa rumahtangga selalu terpantau keadaan kesehatannya. Selanjutnya setiap penghuni rumah tersebut saling memantau tetangga lain di sekitarnya.

2. Berbagi Informasi Gaya Hidup Sehat

Jika Anda mendownload aplikasi ini, Anda akan mendaparkan inspirasi tentang gaya hidup sehat, yakni dengan selalu mencuci tangan dengan sabun atau cairan pembersih tangan berbahan alkohol, menjaga jarak aman ketika bertemu orang lain dan membagikan tips itu di aplikasi 10 Rumah Aman.

3. Berbagi Inspirasi Masakan

Dengan fitur ini, Anda dapat mengajak masyarakat untuk Memasak, Makan di Rumah dan Berbagi. Setiap keluarga bisa memasak dan makan di rumah. Berbagi hasil masakan juga bisa lewat aplikasi ini. Fungsi aplikasi 10 Rumah Aman juga mirip dengan media sosial, tetapi jika Anda ingin terhubung ke teman Anda, ia juga harus mendownload aplikasi ini.

4. Memeriksa Kesehatan Diri Sendiri

Meski ke dokter atau Rumah Sakit itu perlu, ada baiknya di tengah situasi seperti ini, Anda bisa lakukan pemeriksaan mandiri dengan menggunakan alat diagnosis berbasis Artificial Intelligence (AI). Tujuannya agar tidak terburu-buru pergi menemui petugas kesehatan di rumah sakit sekaligus menerapkan semangat membantu dan meringankan kerja petugas kesehatan.

5. Memantau Penyebaran COVID-19

Dalam aplikasi 10 Rumah Aman ini, Anda dapat melihat dan memantau peta persebaran setiap individu yang memiliki suhu normal atau suhu di atas normal. Selain itu membantu memantau individu yang telah melakukan isolasi mandiri dan dalam perawatan agar menghindarkan diri dari paparan COVID-19.