Kia Recall EV9 Tahun Produksi 2023-2024 di Australia, Ini Biang Masalahnya

JAKARTA - Produsen mobil asal Korea Selatan, Kia, menghadapi tantangan baru dengan penarikan kembali (recall) model EV9 di Australia. Langkah ini diambil menyusul adanya potensi masalah pada perangkat lunak Integrated Electronic Brake (IEB).

Mengutip laman Drive, Senin, 28 Oktober, Kia menarik kembali 602 unit EV9 produksi 2023-2024. Masalah ini disebabkan oleh perangkat lunak IEB yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, berpotensi mempengaruhi performa pengereman.

Pemberitahuan recall tersebut diajukan ke Departemen Infrastruktur Australia, menyebutkan bahwa kendala pada IEB ini dapat memengaruhi kinerja pengereman, terutama saat menggunakan fitur Remote Smart Parking Assist (RSPA).

"Kondisi ini mengharuskan pengereman lebih kuat saat menggunakan fungsi RSPA," tulis pernyataan tersebut.

Masalah ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan yang dapat membahayakan penumpang, pejalan kaki, serta pengguna jalan lainnya. Penarikan ini hanya berdampak pada model EV9 varian Earth dan GT-Line dengan konfigurasi mesin ganda, yang diproduksi hingga 16 Mei 2024.

Menanggapi situasi tersebut, Kia Australia mengimbau para pemilik kendaraan yang terdampak untuk segera menghubungi dealer terdekat dan menjadwalkan pembaruan perangkat lunak secara gratis.

Penarikan kembali Kia EV9 di Australia ini menyusul langkah serupa yang dilakukan di Amerika pada Oktober lalu, dengan permasalahan yang sama terkait sistem pengereman.