Gunung Awu Sulut Waspada, Warga Diminta Menjauh 4 Km dari Kawah

SULUT - Gunung Awu di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut) saat ini bertatus Level 3. Warga diminta tidak mendekati radius bahaya 4 kilometer dari kawah.

"Tingkat aktivitas Gunung Awu saat ini Level 3 atau siaga," kata Kepala Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah Sulawesi dan Maluku, Badan Geologi, Juliana DJ Rumambi, di Manado, Minggu 27 Oktober, disitat Antara.

Petugas juga meminta warga di sekitar Gunung Awu tidak terpancing isu terkait aktivitas vulkanik yang kebenarannya belum tentu dapat dipertanggungjawabkan.

Masyarakat juga diajak mengikuti arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Petuga juga meminta masyarakat maupun pemerintah daerah memantau aktivitas maupun rekomendasi terkait Gunung Awu melalui aplikasi MAGMA Indonesia yang dapat diakses melalui website https://magma.esdm.go.id atau melalui aplikasi android MAGMA Indonesia.

Pada periode pengamatan aktivitas pada 26 Oktober 2024 pukul 18:00-24:00 WITA, secara visual gunung berkabut dengan asap kawah tidak teramati.

Sementara dari kegempaan terekam sebanyak 9 kali gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo antara 3-37 milimeter dengan durasi 7-16 detik.

Terekam juga satu kali gempa tektonik lokal dengan amplitudo enam milimeter S-P: 5 detik, durasi: 30 detik serta 6 kali gempa tektonik jauh amplitudo 4-10 mm, S-P: 12-19 detik berdurasi antara 48-208 detik.