Pemkab Jayapura Siapkan Enam Kampung Jadi Desa Wisata Terbaik 2025

JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menyiapkan enam kampung menjadi desa wisata terbaik 2025.

Desa atau kampung yang dipersiapkan yakni Kampung Abar, Asei, Yoboi untuk wilayah pembangunan I, sementara wilayah pembangunan II yakni Kampung Amai, Tablanusi, dan Tablasupa.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura, Benyamin Yarisetouw, di Sentani, Sabtu, 26 Oktober 2024, mengatakan bahwa Kampung Rhepang Muaif sudah masuk 50 desa wisata terbaik 2024.

"Dasar inilah mendasari kami mendorong enam kampung lainnya untuk dapat masuk dalam 50 desa wisata terbaik 2025," katanya.

Menurut Benyamin, pembinaan dan tentunya dukungan akan diberikan kepada keenam kampung tersebut sehingga masyarakat kampung akan mengetahui apa yang harus dilakukan.

"Kami akan memulai dengan potensi yang ada di kampung tersebut, hal itulah yang akan diperkuat sehingga masyarakat dalam bekerja dapat fokus," ujarnya dilansir Antara.

Dia menjelaskan Kampung Abar, Asei, dan Yoboi memiliki potensi masing-masing dan itu merupakan warisan budaya nenek moyang.

"Kampung Abar mempunyai potensi wisata sekaligus budaya yakni pembuatan gerabah dari tanah liat dan kemampuan hanya ada di masyarakat Abar. Sementara Yoboi dan Asei mempunyai keunikan membuat lukisan di atas kulit kayu dan wisata alam pohon sagu," tutur Benyamin lagi.

Dia menambahkan sementara Kampung Amai, Tablanusi, dan Tablasupa berada di wilayah pesisir Teluk Tanah Merah yang terkenal dengan potensi bahari, wisata pantai, serta hutan.

"Tentu dukungan yang diberikan sesuai dengan potensi dari setiap kampung yang diusulkan sehingga masyarakat setempat dapat manfaatnya dengan semakin bertambahnya wisatawan yang berkunjung," ujarnya.