Bluesky Hadirkan Langganan Berbayar untuk Akses Fitur Eksklusif

JAKARTA – Bluesky, platform mikroblog pesaing X, berkembang dengan sangat pesat dalam setahun terakhir. Pada November tahun lalu, pengguna Bluesky hanya dua juta, tetapi kini sudah mencapai lebih dari 13 juta.

Dengan banyaknya jumlah pengguna saat ini, platform yang sebelumnya dipimpin oleh Jack Dorsey ini akan meluncurkan paket langganan seperti X. Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh Kepala Operasi Bluesky Rose Wang.

Melalui akun pribadinya, Wang menjelaskan bahwa paket berlangganan dibuat untuk membantu mereka dalam berkembang. Meski ada beberapa fitur yang hanya bisa diakses khusus untuk pengguna berbayar, Bluesky tidak akan memberikan label khusus.

Artinya, pengguna yang berbayar tidak akan melihat label akun Premium atau tanda centang berwarna biru di samping nama akunnya. Secara keseluruhan, pengguna gratis masih diuntungkan karena Bluesky tidak membatasi fitur penting.

"Biaya terbesar kami adalah tim dan infrastruktur. Pendapatan langganan membantu kami meningkatkan aplikasi, mengembangkan ekosistem pengembang, dan memberi kami waktu untuk mengeksplorasi model bisnis di luar iklan tradisional," kata Wang.

Wang mengungkapkan beberapa fitur premium yang bisa diakses oleh pengguna berbayar. Mereka bisa mengunggah video dengan kualitas tinggi dan melakukan kustomisasi profil seperti warna pada tampilan profil atau bingkai untuk avatar.

"(secara keseluruhan) Bluesky akan selalu gratis untuk digunakan. Kami percaya bahwa informasi dan percakapan harus tetap dapat diakses oleh semua orang," jelas Wang.