Courtois dan Rodrygo Dipastikan Absen pada El Clasico

JAKARTA - Thibaut Courtois telah dipastikan absen dari El Clasico, Real Madrid vs Barcelona, di Santiago Bernabeu ada Minggu, 27 Oktober 2024, dini hari WIB.

Cedera adduktor di kaki kirinya ternyata kambuh. Menurut sumber ESPN, Courtois diperkirakan membutuhkan waktu tiga hingga empat minggu untuk pemulihan.

Penjaga gawang Real Madrid tersebut awalnya mengalami cedera saat bermain imbang 1-1 melawan Atletico Madrid pada 29 September 2024.

Setelah dua minggu absen, Courtois berperan penting dalam kemenangan atas Celta Vigo (20 Oktober 2024 dan Borussia Dortmund di Liga Champions (23 Oktober 2024).

Namun, cedera kiper 32 tahun itu kambuh dalam kemenangan 5-2 melawan Dortmund tersebut.

"Setelah tes yang dilakukan kepada Thibaut Courtois oleh layanan medis Real Madrid, ia telah didiagnosis mengalami cedera adduktor di kaki kirinya. Menunggu perkembangan," bunyi pernyataan klub.

Berbagai sumber juga mengatakan kepada ESPN bahwa Courtois akan absen pada El Clasico melawan Barca serta pertandingan melawan Valencia dan AC Milan.

Tampaknya sangat tidak mungkin ia akan dapat kembali bugar tepat waktu untuk bermain dalam pertandingan melawan Osasuna (9 November 2024) meskipun itu akan bergantung pada kecepatan pemulihannya.

Sebenarnya, ada kans Courtois sembuh lebih cepat dari yang diperkirakan. Soalnya, Real Madrid memiliki pemahaman yang baik tentang jenis cedera tersebut setelah mengalaminya dua kali musim lalu.

Selain Courtois, Rodrygo juga cedera dalam pertandingan melawan Dortmund. Pemain Timnas Brasil itu digantikan pada babak kedua karena masalah hamstring.

"(Rodrygo) didiagnosis mengalami cedera otot pada bisep femoralis kanan," bunyi pernyataan Real.

Rodrygo diperkirakan akan absen selama antara 15 sampai 20 hari.

Sementara itu, tim asuhan Carlo Ancelotti kini cuma tertinggal tiga poin dari Barcelona yang ada di puncak La Liga 2024/2025.