Indonesia International Challenge 2024: Tunggal Putri Tersisa Mutiara

JAKARTA – Pebulu tangkis Mutiara Ayu Puspitasari menjadi satu-satunya tunggal putri Indonesia yang tersisa di Indonesia International Challenge 2024.

Mutiara mencapai babak semifinal usai menghentikan rekan satu negaranya, Bilqis Prasista, melalui duel rubber game 16-21, 21-18 dan 21-14 di Jatim Expo, Surabaya, pada Jumat, Oktober 2024.

Mutiara dipaksa bermain selama 65 menit oleh lawan yang pernah mengalahkan dia dalam satu-satunya bentrok kompetitif mereka sebelumnya di Badminton Asia U-17 & U-15 Junior Championships 2019.

"Pada laga ini saya kesulitan mengembangkan permainan di sisi lapangan yang banyak berembus angin," ujar Mutiara dalam keterangan yang diterima.

Selanjutnya di babak empat besar, Mutiara akan menghadapi wakil Malaysia dan unggulan ketiga, Karupathevan Letshanaa, yang meraih kemenangan atas tunggal putri Hong Kong, Saloni Samirbhai Mehta.

Selain Bilqis, kekalahan juga dirasakan oleh Kyla Legiana Agatha. Pemain kelahiran 18 Agustus 2003 itu menyerah di tangan wakil Thailand, Yataweemin Ketklieng, dengan skor 12-21 dan 17-21.

"Pada laga ini saya tidak bisa menerapkan pola permainan yang saya inginkan. Tentu saya banyak belajar dengan harus lebih sabar dalam menerapkan pola yang saya inginkan," ungkap Kyla.

Indonesia secara keseluruhan punya 21 wakil yang bermain di perempat final hari ini. Selain di tunggal putri, bentrok sesama wakil Indonesia juga terjadi di empat sektor lainnya.