Impresi Pertama Berkendara Singkat Hyundai All-New Santa Fe: Kenyamanan Hybrid Premium

JAKARTA - Hyundai Motors Indonesia (HMID) meresmikan peluncuran all-new Santa Fe sekaligus mengawali langkah mereka menjajaki pasar mobil hybrid di pasar tanah air.

Berbeda dari generasi sebelumnya, SUV tersebut memiliki desain yang lebih berani dan radikal dengan wujud lebih mengotak. Mengusung semangat ‘Live Bigger’, mobil tersebut hadir dengan dimensi yang besar.

Santa Fe generasi kelima memiliki dimensi dengan panjang 4.830 mm, lebar 1.900 mm, tinggi mencapai 1.795 mm, dan wheelbase hingga 2.814 mm, sehingga menawarkan ruang yang lega dan nyaman di kelasnya.

Dengan beberapa hal yang ditawarkan, tentu menjadi pertanyaan bagaimana impresi berkendara dari all-new Santa Fe.

Nah, tim VOI mendapatkan kesempatan untuk merasakan langsung mengemudikan all-new Santa Fe Calligraphy HEV atau tipe tertinggi, setelah acara peluncurannya di Plaza Senayan, Kamis, 24 Oktober. Kira-kira seperti apa? Berikut ulasan singkatnya.

Fitur Lengkap dan Canggih

Bagian kabin pada mobil ini dilengkapi dengan dua layar yang saling terhubung, terdiri dari instrument kluster dan infotainmen yang memiliki masing-masing ukuran 12,3 inci.

Sama seperti model Hyundai lainnya, pabrikan mempertahankan elemen tombol fisik di bagian tengah yang memudahkan pengemudi mengoperasikan beberapa sistem personalisasi di kabin, seperti AC, ventilasi, mode berkendara, dan masih banyak lagi.

Hal yang menjadi sorotan ialah Surround View Monitor (SVM) yang memperlihatkan kondisi sekitar kendaraan demi menghindari benturan yang tidak diinginkan. Fitur Blind-Spot View Monitor (BVM) juga disediakan agar bisa melihat kondisi titik buta pengemudi ketika akan berbelok atau berpindah jalur.

Kehalusan Berkendara SUV Premium

Saat SUV ini berpindah transmisi ke ‘D’ dengan sedikit menginjak pedal gas, all-new Santa Fe mampu berjalan dengan mulus dan senyap. Karena berjalan dengan kecepatan rendah, mobil ini digerakkan oleh penggerak listrik terlebih dahulu.

Ketika menemui area bebas hambatan, kami mencoba menginjak pedal gas dan suara deru mesin 1,6 liter langsung terdengar ketika menyentuh kecepatan 30-40 km/jam. Akselerasi yang ditawarkan juga responsif namun tetap nyaman dikemudikan.

Kesimpulan

Usai malang melintang di pasar kendaraan listrik (EV) di tanah air selama bertahun-tahun, Hyundai melakukan perjudian dengan terjun ke pasar hybrid nasional untuk pertama kalinya dengan meluncurkan all-new Santa Fe.

Meskipun ini pertama kalinya menghadirkan hybrid di Indonesia, Hyundai memasukkan model tersebut tidak hanya karena ramah lingkungan. Melainkan juga, SUV tersebut memiliki ruang lega serta performa impresif.

Ditawarkan dalam empat varian dari dua jenis powertrain, all-new Santa Fe dibanderol mulai dari Rp699 juta hingga Rp869,6 juta.