Dokumen Lexus ES Facelift Bocor, Interiornya Berubah Signifikan

JAKARTA - Lexus ES generasi sekarang telah diluncurkan secara global pada 2018 lalu, sekaligus mengisyaratkan bahwa sedan ini harus berganti model. Namun, hadirnya pembaruan ini sepertinya akan segera terjadi.

Melansir dari Carscoops, Jumat, 25 Oktober, sebuah dokumen menunjukkan versi terbaru untuk model ini dan kemungkinan akan menjadi model tahun 2026 mendatang.

Kemungkinan ini merupakan facelift dari ES generasi terkini. Langkah yang diambil oleh merek tentunya berbeda dengan sedan dari Toyota, seperti Camry yang telah berganti generasi dan telah diluncurkan beberapa waktu lalu.

Dalam dokumen tersebut, sekilas Lexus ES tidak mengalami perubahan yang signifikan. Tetapi jika dilihat secara rinci, brand dari Jepang ini akan menghadirkan beberapa perbedaan bila dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Perubahannya dimulai dengan hadirnya sepasang lampu depan yang didesain ulang berbentuk ‘Z’, kini diposisikan di atas dan melingkari samping, tidak seperti penempatan bawah pada model yang ada.

Meskipun grill spindel khas Lexus masih tetap dipertahankan, pola di bagian dalamnya mengalami beberapa perubahan dan dilaporkan meminjam dari gaya model RX.

Bagian belakang tidak mengalami perubahan berarti kecuali terdapat pencahayaan yang lebih baru. Masih belum dipastikan apakah trim yang menghubungkan lampu belakang akan berkembang menjadi strip LED lebar penuh.

Salah satu perhatian Lexus terhadap facelift ES ialah bagian dalamnya. Pembaruan yang paling signifikan adalah layar sentuh infotainment yang jauh lebih besar yang mendominasi dasbor, yang tampak hampir identik dengan layar 14 inci pada SUV NX dan RX terbaru.

Dengan demikian, perombakan juga dilakukan pada konsol tengah, termasuk pada fungsi ventilasi iklim yang didesain ulang serta penghapusan tombol fisik untuk pengatur suhu dan multimedia.

Pembaruan lainnya ialah hadirnya cluster instrument digital baru yang diambil dari saudaranya, LS atau mungkin MPV berdimensi besar LM.

Brand mewah ini juga akan memanfaatkan powertrain 2,4 liter 4-silinder hybrid yang juga ditawarkan pada Camry generasi terbaru. Diperkirakan ini menghasilkan tenaga gabungan hingga 215 dk. Selain itu, diperkirakan Lexus akan menghapus mesin V6 3,5 liter yang ada pada model saat ini.

Waktu peluncuran dari Lexus ES facelift masih menjadi tanda tanya. Selain itu dirumorkan juga sedan tersebut juga akan hadir dalam varian listrik murni (EV) yang sejalan dengan strategi Lexus dalam menghadirkan lebih banyak kendaraan elektrifikasi secara global.