Serangan Rusia ke Dekat Pasar Kupiansk Ukraina Tewaskan 4 Orang, Belasan Kios Rusak

JAKARTA - Serangan Rusia di Ukraina timur menewaskan empat orang dan melukai 10 lainnya hari ini.

Serangan amunisi termobarik di kota Kupiansk di wilayah timur laut Kharkiv melukai 10 orang, kata gubernur regional Oleh Syniehubov.

Seorang wanita yang dirawat di rumah sakit dalam kondisi kritis setelah serangan itu dinyatakan meninggal.

“Musuh menyerang di dekat sebuah toko dan pasar kota,” kata Syniehubov  dilansir Reuters, Kamis, 24 Oktober.

Menurutnya bangunan ritel dua lantai rusak, bersama dengan belasan kios dan jendela-jendela rumah di dekatnya.

Rusia menduduki Kupiansk pada hari-hari awal invasinya pada tahun 2022 tetapi berhasil dihalau oleh serangan balasan Ukraina pada bulan September tahun itu.

Dalam beberapa bulan terakhir, pasukan Moskow perlahan-lahan bergerak kembali menuju kota tersebut dan kini berjarak kurang dari 4 km dari pinggiran utara kota tersebut.

Serangan Rusia pada hari berikutnya menewaskan tiga orang di daerah sekitar pusat strategis Pokrovsk di wilayah timur Donetsk, kata gubernur Vadym Filashkin.

Pasukan Rusia meningkatkan pergerakan mereka menuju Pokrovsk dalam beberapa bulan terakhir, bergerak sedekat 8 km dari pinggirannya.

Media Rusia dan blogger perang melaporkan pada Kamis, pasukan Rusia telah maju ke kota pertambangan batu bara Selydove, sekitar 20 km tenggara Pokrovsk.

Staf Umum Ukraina mengatakan serangan Rusia yang paling intens di sepanjang garis depan saat ini terjadi di front Pokrovsk, termasuk di dekat Selydove.