Bus Mercedes Benz yang Terbakar di Tol Wiyoto Wiyono Hendak Antar Anak TK ke Ancol Usai Manasik Haji

JAKARTA - Bus pariwisata warna putih biru bernopol B 7179 VGA yang terbakar akibat korsleting listrik di Jalan Tol Wiyoto Wiyono, KM 03, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, diketahui bermerek Mercedes Benz buatan tahun 2016.

Dari keterangan NK (49) sopir bus, awalnya sebelum kejadian kebakaran terjadi memang sudah ada kerusakan di bagian AC bus tersebut. Kemudian sempat diperbaiki sebelum digunakan.

Selanjutnya, sopir berinisial NK bersama RP yang merupakan kernet bus melakukan penjemputan terhadap rombongan manasik haji TK Asyifa Al Hidayah di kawasan Cikeas, Jawa Barat pada Kamis, 24 Oktober, subuh.

Setelah menjemput para rombongan manasik haji berjumlah 58 orang, bus lanjut mengarah ke daerah Pondok Gede, Jakarta Timur dengan kondisi bus tidak ada kendala.

Kemudian pada saat setelah selesai dari manasik haji di daerah Pondok Gede lanjut mengarah ke Ancol, Jakarta Utara untuk rekreasi, namun pada saat diperjalanan dari Pondok Gede ke Ancol, AC bus mengalami kerusakan tidak terasa dingin.

NK perlahan menepi di Jalan Tol Wiyoto Wiyono KM 3 untuk mengecek aki AC dan menurunkan penumpang agar segera dinaikkan ke bus lainnya untuk melanjutkan wisata ke Ancol.

Pada saat supir turun, dia melihat aki AC yang berada di belakang bus sudah ada percikan api. NK pun meminta bantuan kepada kernetnya untuk memadamkan kobaran api.

Sopir bus berinisial NK juga memerintahkan para penumpang yang ada di dalam bus untuk keluar dari bus tersebut.

"Tak lama berselang, api kemudian membakar satu unit bus tersebut," kata NK kepada polisi, Kamis, 24 Oktober.

Sementara Kanit Laka Lantas Polres Metro Jakarta Timur, AKP Darwis mengatakan, kejadian tersebut bukan kasus kecelakaan lalu lintas sehingga perkaranya dilimpahkan ke Unit Reskrim Polsek Jatinegara.

"Saat ini, sopir bus tersebut masih dimintai keterangan oleh Unit Reskrim Polsek Jatinegara. Bus pariwisata sudah diderek ke arah Gerbang Tol Priuk 1," katanya.

Diberitakan sebelumnya, satu unit bus pariwisata bernopol B 7179 VGA yang berisi penumpang 58 orang murid TK mengalami kebakaran di Jalan Tol Wiyoto Wiyono, KM 03, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis, 24 Oktober.

Besarnya kobaran api membuat bus yang tengah mengangkut penumpang ludes terbakar.