Lindungi dari Paparan UV, Begini Tips Merawat Kesehatan Bibir

JAKARTA - Banyak orang fokus melindungi kulit wajah dan tubuh dari paparan sinar matahari, tetapi sering kali lupa kalau bibir juga membutuhkan perhatian khusus.

Sama seperti bagian kulit lainnya, bibir rentan terhadap efek buruk sinar ultraviolet (UV) yang dapat memicu kering, perubahan warna, hingga kerusakan jangka panjang seperti hiperpigmentasi atau penuaan dini.

Berbeda dengan kulit wajah, bibir tidak memiliki lapisan pelindung alami seperti kelenjar minyak. Ini membuatnya lebih rentan mengalami dehidrasi dan pecah-pecah, terutama jika terpapar sinar matahari atau cuaca ekstrem dalam waktu lama.

Oleh karena itu, selain menggunakan pelembap bibir, memilih produk dengan kandungan SPF bisa menjadi solusi optimal. Saat ini, tersedia inovasi produk lip care yang menggabungkan fungsi perawatan dan perlindungan UV dalam satu produk.

Salah satunya adalah lip gloss dengan SPF, yang tidak hanya melindungi bibir dari paparan UV tetapi juga memberikan kelembapan dan sentuhan kosmetik ringan untuk aktivitas sehari-hari.

"Kami berupaya menghadirkan produk yang tidak hanya efektif melindungi, tetapi juga nyaman dan dapat digunakan sebagai bagian dari makeup harian,” ujar Irene Ursula, pendiri Amaterasun dalam keterangan pers Lip Gloss SPF 29 PA++++. 

Lip gloss dengan SPF biasanya dilengkapi kandungan pelembap alami seperti minyak alpukat, almond, atau jojoba yang membantu menjaga kelembapan dan mencegah bibir kering atau pecah-pecah. Formulasi ini memberikan efek glossy serta membantu menyamarkan garis-garis halus pada bibir.

Paparan sinar ultraviolet (UV) tidak hanya memengaruhi kulit wajah tetapi juga bibir, yang rentan terhadap masalah seperti kekeringan, perubahan warna, hingga penuaan dini.

Lip gloss ini pun hadir dalam tiga pilihan yang menyesuaikan dengan undertone kulit, yaitu pink untuk neutral undertone, mauve untuk cool-neutral undertone, dan nude untuk neutral undertone.

Selain sebagai produk perawatan bibir, formulanya fleksibel untuk digunakan sebagai blush on atau eyeshadow dengan perlindungan SPF.

Lip Gloss SPF 29 PA++++ sudah tersedia Amaterasun Official Store di Shope mulai 23 Oktober hingga 1 November 2024. Setelah periode ini, produk tersebut akan didistribusikan lebih luas melalui situs resmi dan beberapa gerai kecantikan online maupun offline.