Motor Produksi Lokal Bawa Pembalap Tanah Air Raih Gelar Juara Dunia WSSP300, Yamaha: Kami Bangga!

JAKARTA - Nama Aldi Satya Mahendra melejit setelah berhasil menjadi juara dunia World Supersport 300 (WorldSSP300) 2024, yang ditentukan sampai seri terakhir.

Selama semusim balapan, Aldi didukung dengan motor hasil produksi Indonesia atau YZF-R3 untuk pasar luar negeri. Model tersebut merupakan motor global yang diproduksi Yamaha Indonesia Motor Manufacturing di dalam negeri, yang memang merupakan kembaran dari motor sport R25 yang ada di Indonesia.

Dipinang oleh tim BrCorse asal Italia yang artinya Aldi menunggangi motor R3 spesifikasi Eropa yang mengemas mesin 321 cc dua silinder empat katup DOHC dengan standar emisi Euro 5. Secara spesifikasi, motor Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 42 PS pada 10.750 rpm dengan torsi maksimal 29,5 Nm pada 9.000 rpm.

Secara desain Yamaha YZF-R3 hadir dengan bodi ramping dan atletis. Motor satu ini dilengkapi dengan saluran masuk udara sentral yang terinspirasi dari motor MotoGP Yamaha YZR-M1. Tampilannya yang radikal, fairing aerodinamis yang dibiakkan untuk balapan, dan lampu depan LED ganda yang agresif menggarisbawahi DNA R-Series.

Gelar juara Aldi juga turut mendapat sambutan hangat dari Yamaha Indonesia. President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonisius Beti, merasa bangga dengan kesuksesan yang diraih oleh Aldi Satya.

"Untuk memenangkan suatu ajang itu tidak instan, selain doa dan kerja keras seperti fisik serta keberuntungan juga dibutuhkan. Selain itu, tentunya mesin yang mumpuni," katanya, saat ditemui di kawasan Jakarta, Kamis, 24 Oktober.

Lebih lanjut Dyonisius Beti mengungkapkan Indonesia telah dipercayai untuk memproduksi R Series ini, dan tentunya ini merupakan karya Indonesia yang diekspor ke seluruh dunia.

"Tapi juga selain doa, kerja keras dan mesin yang mumpuni dibutuhkan juga tim yang bagus. Serta dukungan keluarga sangat penting, dan dari Keluarga Aldi ini sudah bekerjasama dengan Yamaha," tambahnya.