KKP Sebut Jenis Ikan untuk Dukung Program MBG Prabowo: Ada Tuna hingga Kerapu

JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) siap mendukung program makan bergizi gratis (MBG) yang akan berjalan mulai awal Januari 2025.

Kepala Badan Pengawasan dan Pengendalian Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan (BPPMHKP) KKP Ishartini mengatakan, ada sejumlah jenis ikan yang dapat memasok program MBG tersebut.

"Mengenai jenis ikannya tentu produksi perikanan di nasional ini, kan, banyak ya. Ya, tuna, tongkol, cakalang, ikan kembung, kerapu. Banyak sekali, ya, jenis ikan di kami, itu semua bisa untuk memasok program makanan bergizi," ujar Ishartini dalam konferensi pers di kantornya, Kamis, 24 Oktober.

Ishartini menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk menjaga mutu dari jenis ikan tersebut untuk mendukung program yang membutuhkan anggaran sebesar Rp800 miliar per hari itu.

"Produk budi daya ini akan menyokong lebih besar, ya, untuk program ini karena produksinya akan lebih besar di budi daya," katanya.

Menurut Ishartini, salah satu daerah yang dapat memasok ikan untuk program MBZ yaitu wilayah Indonesia bagian timur.

Dia juga menyatakan bahwa KKP akan membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak untuk menjaga mutu ikan di domestik.

"Kami juga nanti akan buka kerja sama, tapi sudah diinisiasi. Ini rapat sudah berkali-kali, itu sama untuk bisa menjaga mutu di domestik," tuturnya.