Tips Membuat Onde-onde Agar Tidak Kempes Saat Dingin dan Tetap Mengembang

YOGYAKARATA – Onde-onde adalah salah satu kuliner berupa camilan khas Indonesia. Makanan ini berbentuk bulat dan mengembang. Sayangnya onde-onde berpotensi kempes terutama setelah dingin sehingga membuat tampilannya kurang menarik. Untuk mencegah hal tersebut, perhatikan tips agar onde-onde tidak kempes saat dingin.

Tips Agar Onde-onde Tidak Kempes Saat Dingin

Tips membuat onde-onde anti kempes bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal yakni sebagai berikut.

  1. Campurkan Ketan dan Kentang

Campurkan tepung ketan dan kentang saat membuat adonan. Kedua bahan ini mampu menjaga onde-onde tetap empuk dan lezat meskipun sudah dingin.

  1. Pastikan Kulit Tidak Berlubang

Saat kulit onde-onde dibentuk menjadi bulatan, pastikan tidak ada lubang. Pasalnya lubang akan mengeluarkan isian onde-onde sehingga akan lebih mudah kempes saat dingin.

  1. Pastikan Kulit Tidak terlalu Tebal

Kulit yang terlalu tebal akan membuat bobot onde-onde jadi lebih berat dan berpotensi kempes. Namun kulit juga jangan terlalu tipis karena akan buyar saat digoreng.

  1. Semprot Permukaan dengan Air Sebelum Ditaburi Wijen

Sebelum onde-onde ditaburi wijen, disarankan untuk membasahi permukaannya dengan air. Anda bisa menggunakan semprotan agar air yang disemprotkan tidak terlalu banyak.

  1. Jaga Kelembapan Onde-onde

Setelah penaburan wijen dilakukan, Anda bisa langsung menggorengnya. Jangan biarkan onde-onde terlalu lama di suhu ruangan karena akan menghilangkan kelembapan adonan. Jika Anda ingin menggorengnya nanti, cukup taruh di mangkuk lalu ditutup plastik rapat.

  1. Perhatikan Minyak dan Wajan

Sebelum mulai menggoreng, perhatikan minyak dan wajan penggorengan. Minyak harus disesuaikan dengan ukuran onde-onde dan usahakan onde-onde bisa tenggelam ke dalam minyak goreng.

Perhatikan ukuran wajan, hindari menggunakan wajan yang terlalu kecil atau tidak sebanding dengan ukuran onde-onde.

  1. Api Jangan Langsung Besar

Setingan api pada kompor jangan sampai terlalu besar saat mulai menggoreng. Api yang terlalu besar akan membuat onde-onde mudah gosong dan kempes saat dingin. Anda bisa mengatur api dari kecil. Besarkan api saat onde-onde mulai mengembang.

  1. Perhatikan Teknik Gorengnya

Menggoreng onde-onde juga ada caranya. Pastikan menggunakan minyak yang tidak terlalu sedikit. Selain itu disarankan untuk menggunakan spatula kayu atau berbahan silikon anti panas. Tidak disarankan menggunakan spatula besi karena akan membuat adonan rusak.

Saat menggoreng, Anda bisa memutar adonan sehingga matangnya benar-benar rata. Adonan yang kurang matang akan membuat onde-onde mudah kempes. Selain itu jangan memencet onde-onde dengan spatula. Anda bisa mengaduknya dengan pelan selama di wajan.

  1. Pastikan Onde-onde Matang

Saat menggoreng, pastikan onde-onde matang, ditandi dengan warnanya yang kecoklatan dan kulitnya matang. Kulit onde-onde yang terlalu matang atau kering akan membuat kulitnya mudah kempes karena retak.

Itulah informasi tips agar onde-onde tidak kempes saat dingin. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.