Bus Pariwisata Berisi 58 Murid TK Terbakar di Tol Wiyoto Wiyono Jatinegara

JAKARTA - Satu unit bus pariwisata bernopol B 7179 VGA yang berisi penumpang 58 orang murid TK mengalami kebakaran di Jalan Tol Wiyoto Wiyono, KM 03, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis, 24 Oktober.

Besarnya kobaran api membuat bus yang tengah mengangkut penumpang ludes terbakar. Kobaran api juga membuat para penumpang panik. Mereka pun langsung berupaya keluar bus untuk menyelamatkan diri.

Kobaran api dengan cepat melahap habis seluruh badan bus pariwisata. Api baru padam sekitar pukul 10.57 WIB.

Seluruh penumpang bus berhasil diselamatkan dan dievaluasi ke bus lainnya. Setelah dilakukan evakuasi terhadap para penumpang dan pemadaman api, petugas menyebutkan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

"Jiwa terselamatkan ada 60 orang. Penyebab kebakaran karena adanya korsleting AC," kata petugas pemadam kebakaran di lokasi, Kamis, 24 Oktober.

Bus pariwisata bertuliskan Bersama Putra Trans itu dikemudikan oleh pengemudi berinisial NK (49). Menurutnya, percikan api muncul bagian bawah AC dekat mesin. Kemudian api langsung membesar dengan cepat.

"Kerugian ditaksir mencapai Rp 800 juta. Kobaran api dipadamkan oleh 3 unit mobil damkar. Saat ini situasi sudah padam," ujarnya.