Natalius Pigai Bicara soal Anggaran Rp20 Triliun, Ernest Prakasa Beri Sindiran

JAKARTA - Komika sekaligus sutradara Ernest Prakasa ikut menanggapi pernyataan terkait anggaran disampaikan Menteri Hak Asasi Manusia (HAM), Natalius Pigai. Tanggapannya terkait pernyataan Natalius Pigai ini disampaikan Ernest Prakasa di akun X miliknya, pada Selasa, 22 Oktober 2024.

Pada cuitannya, Ernest membagikan ulang video yang menampilkan pidato Natalius Pigai, seusai ia dilantik menjadi Menteri HAM. Dalam video tersebut, Natalius Pigai yang membahas anggaran Kementerian HAM yang harusnya lebih besar, yakni mencapai Rp20 triliun.

“Kalau negara punya kemampuan, maunya (anggaran untuk Kementerian HAM) di atas 20 triliun. Pigai bisa bangun, jangan anggap saya remeh. Saya ini orang pekerja lapangan di HAM. Saya bisa kalau negara punya anggaran,” kata Natalius Pigai.

“Kenapa presiden mau bikin Kementerian HAM? Berarti ada sesuatu besar yang mau dibikin, maka tim transisi rombak itu anggaran,” tambahnya.

Mengenai pernyataan Natalius Pigai ini, Ernest Prakasa memberikan tanggapan singkat, tetapi dinilai mengandung makna sarkasme dan sindiran. Ia meminta Natalius Pigai untuk tidak malu meminta anggaran yang diinginkan.

“Mantap. Jangan malu-malu Pak,” kata Ernest Prakasa.

Unggahan Ernest Prakasa ini kemudian ramai dikomentari oleh netizen. Banyak dari mereka yang ikut memberi sindiran kepada Natalius Pigai.

“Bacot, kerja dulu,” komentar netizen.

“Bayangkan, setiap menteri minta anggaran puluhan T. Belum lagi program makan bergizi gratis, naikin gaji guru 2jt, bangun IKN, (menangis),” ucap yang lain.

“Buktiin dulu kinerjanya baru minta anggaran tambahan pak,” sambung netizen lainnya.