Kemenhub Mulai Operasikan Underpass Batutulis Bogor

JAKARTA - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA Kemenhub) melalui Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Bandung BTP Bandung mulai mengoperasikan Underpass Batutulis yang berada di Bogor, Jawa Barat.

Kepala BTP Bandung Endang Setiawan mengatakan bahwa pengoperasian underpass Batutulis ini dilakukan salah satunya untuk mengurangi perlintasan sebidang di wilayah Jawa Barat.

”DJKA melalui BTP Bandung terus berkomitmen untuk melakukan penanganan perlintasan sebidang pada wilayah kerja kami salah satunya dengan membangun underpass di Batutulis ini,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis, 24 Oktober.

Endang menjelaskan sebelum underpass sepenuhnya beroperasi, dilakukan satu jalur per 5 menit bergantian pada lokasi pembongkaran JPL10 Batutulis mulai 22 Oktober 2024 pukul 23.00 WIB sampai 23 Oktober 2024 pukul 03.00 WIB dan setelahnya akan di operasikan normal dua jalur.

“Kemudian pada tanggal 24 Oktober 2024 karena terdapat pekerjaan pengaspalan yang berlangsung mulai pukul 23.00 sampai dengan selesai,” jelasnya.

Lebih lanjut, Endang bilang pihaknya telah melakukan Uji Coba Pengoperasian yang dilaksanakan bersama dengan Pemerintah Kota Bogor, Dinas PUPR Kota Bogor dan Dinas Perhubungan Kota Bogor.

“Untuk Uji Laik Fungsi Underpass akan dilaksanakan secara pararel bersama dengan pengoperasian Underpass Batutulis,” tambah Endang.

Endang mengimbau bagi masyarakat yang akan melintasi Jalan Raya Batutulis dan Jalan Saleh Danasasmita diharapkan dapat berhati-hati pada saat melintas di Underpass Batutulis untuk mengurangi potensi kecelakaan.

Selain itu, Endang bilang pembangunan underpass dengan panjang 320 meter ini juga demi mengurai kemacetan di jalan raya dan di area Stasiun Batutulis.

”Kami berterima kasih kepada seluruh masyarakat atas dukungannya selama proses pembangunan underpass serta stakeholder terkait terutama dari Pemerintah Kota Bogor, Polres Kota Bogor, Dinas PUPR Kota Bogor, Dinas Perhubungan Kota Bogor, Camat Bogor Selatan beserta jajarannya dan Forkompinda yang telah berkolaborasi melaksanakan sosialisasi pengoperasian underpass batutulis ini,” imbuh Endang.

Selain underpass, DJKA melalui BTP Bandung juga melakukan penataan Stasiun Batutulis yang mencakup penataan emplasemen, pengembangan stasiun serta penambahan fasilitas penumpang.

”Dengan dilakukannya penataan Stasiun Batutulis, kami berharap kualitas pelayanan penumpang kereta api dapat meningkat,” tutup Endang.