9 Barang yang Harus Dibawa saat Aktivitas Outdoor

YOGYAKARTA – Beraktivitas outdoor seperti berkemah, trekking, camping, hingga hiking, memerlukan persiapan. Baik itu persiapan fisik maupun peralatan yang harus dibawa. Supaya tidak ada yang luput, berikut yang harus dimasukkan dalam daftar barang yang harus dibawa saat aktivitas outdoor.

1. Navigasi

Mengetahui atau tidak mengetahui jalur rute yang akan ditempuh, perlu tetap menggunakan alat bantuan yaitu sistem penentuan posisi global (global positioning system/GPS). Fitur ini bisa dijalankan lewat gawai. Tetapi lebih aman lagi membawa peta kontur atau perangkat GPS untuk menghemat perangkat seluler.

Ilustrasi barang yang harus dibawa saat aktivitas outdoor (Freepik)

2. Hidrasi

Dalam tubuh manusia terdiri dari 70 persen air. Itu artinya harus minum cukup agar tubuh tetap terhidrasi. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), kalau cuaca terik membutuhkan 1 cangkir air setiap 15-20 menit untuk mendapatkan hidrasi cukup. Penting diketahui, dehidrasi bisa menghambat perjalanan Anda sebab memicu mual, muntah, dan pingsan.

3. Kecukupan nutrisi

Seperti halnya air, mendapatkan asupan cukup makanan juga penting. Tubuh manusia membutuhkan nurtisi untuk energi dan bertahan sepanjang hari ketika aktivitas outdoor. Kiat yang tepat, bagi makanan dalam wadah-wadah kecil saat mengemasnya. Ini akan lebih mudah mengambilnya dan mengelola kapan makan protein dan kapan makan-makanan berat.

4. Pelindung dari panas dan hujan

Melindungi tubuh tetap penting. Selain membawa pakaian ganti yang kasual dengan bahan ringan tetapi tetap aman dan nyaman, juga perlu membawa handuk, selimut, alas tidur atau duduk, topi, dan jas hujan. Selain peralatan pelindung, penting juga memakai sunscreen atau tabir surya dengan setidaknya mengandung SPF 30. Selain itu, pakai topi dengan tepian lebar, kacamata hitam, celana dan kemeja lengan panjang, serta pakaian hangat.

Ilustrasi barang yang harus dibawa saat aktivitas outdoor (Freepik/wayhomestudio)

5. Pemantik api

Menyalakan api di tempat terbuka membutuhkan keterampilan. Ini berguna untuk menghangatkan diri pada malam hari saat berkemah. Sebaiknya, membawa pemantik api yang didesain untuk aktivitas outdoor. Tetapi pastikan api benar-benar padam saat berpindah tempat untuk mencegah kebakaran hutan.

6. Peralatan pertolongan pertama

Baru pertama kali berkemah atau sudah ahli dalam perjalanan luar ruangan, kotak pertolongan pertama selalu dibutuhkan untuk berjaga-jaga jika terjadi kecelakaan. Kotak pertolongan pertama yang baik dilengkapi dengan semua peralatan yang diperlukan untuk mendisinfeksi, menyembuhkan, dan membalut semua jenis luka.

7. Perkakas serbaguna

Umumnya, perkakas serbaguna untuk aktivitas outdoor didesain lengkap. Dikemas dalam satu boks ringkas, berisi pisau lipat, sendok, garpu, obeng, hingga palu. Perlengkapan ini penting dibawa untuk perlengkapan perbaikan peralatan kecil, peralatan makan, hingga perlengkapan sehari-hari yang ringkas.

8. Penerangan

Penerangan ini membantu aktivitas atau perjalanan malam saat di luar ruangan. Biasanya pendaki membawa senter atau headlamp. Penting dipahami, cahaya lampu dari gawai, tidak akan bertahan lama. Jadi penting membawa perangkat penerangan, seperti senter, lentera, atau headlamp lebih dari satu sekaligus baterai cadangan.

9. Tempat berteduh

Tempat untuk berteduh biasanya diperlukan untuk trekking yang membutuhkan waktu yang lama untuk mendaki dan turun bukit. Tempat berteduh yang memadai, bisa jadi tempat berlindung saat cuaca berubah dengan cepat, misalnya dari panas berganti hujan lebat.

Daftar barang-barang yang harus dibawa saat aktivitas outdoor di atas, bisa ditata dalam tas ransel backpack. Pertimbangkan untuk packing dengan baik, supaya saat dibutuhkan tidak membutuhkan waktu lama mengambilnya. Barang-barang juga harus disesuaikan dengan lamanya aktivitas. Misalnya untuk makanan dan minuman serta obat-obatan pribadi, harus dibawa sesuai lamanya perjalanan.