AHY Sambangi Kementerian PU: Saya Ingin Kenal Dekat dengan Pejabat Teras

JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyambangi Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Dia mengaku, ingin lebih kenal dengan pejabat teras di Kementerian PU.

"Saya ingin mengenal lebih dekat para pejabat teras, sekaligus tadi saya mendengarkan penjelasan sebagai gambaran umum sebagai baseline awal dari berbagai rencana aksi. Termasuk policy yang akan dijalankan oleh Kementerian PU ini dan juga tentunya oleh Kemenko Infra dan Pembangunan Kewilayahan," ujar AHY di kantor Kementerian PUPR, Rabu, 23 Oktober.

Pada kunjungan tersebut, AHY didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum Dody Hanggodo dan Wamen PU Diana Kusumastuti serta sejumlah pejabat PU lainnya. Ada juga Menteri Transmigrasi Muhammad Iftitah Sulaiman Suryanagara.

"Hadir pula Menteri Transmigrasi Bapak Iftitah Sulaiman yang sengaja saya libatkan karena saya ingin tim Kemenko Infrastruktur ini solid," ucapnya.

AHY menuturkan, dirinya juga akan menyambangi Kementerian Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) serta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk belanja masalah. Dia menyebut, pembangunan infrastruktur perlu ada kesinambungan.

"Jadi, semangatnya adalah bagaimana pembangunan infrastruktur ke depan ini menghadirkan keberlanjutan, continuity dari pembangunan infrastruktur yang telah dijalankan 5-10 tahun terakhir, juga tentunya periode-periode sebelumnya," katanya.

"Karena pembangunan infrastruktur itu tidak lepas-lepas pasti ada kesinambungannya dan ini penting. Karena kalau pembangunan infrastrukturnya seperti terjadi disconnection antara satu pemerintahan dengan pemerintahan berikutnya, rasanya tidak efektif, tidak efisien dan nilainya jadi tidak maksimal," pungkasnya.

Adapun AHY sebagai Menko Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan mengkoordinasikan lima kementerian teknis, yakni Kementerian ATR/BPN, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perumahan, Kementerian Transmigrasi dan Kementerian Perhubungan.