10 Daftar Obat Alami untuk Meredakan Sakit Tenggorokan sebelum Flu

YOGYAKARTA – Sakit tenggorokan terutama dirasakan saat menelan, sangat tidak nyaman. Ini bisa disebabkan infeksi virus atau bakteri. Biasanya dialami sebelum pilek, flu, atau batuk. Kondisi ini termasuk respons imun yang secara alami memerangi virus atau bakteri sehingga menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada selaput lendir di tenggorokan. Untuk meredakan sakit tenggorokan, berikut daftar obat alami yang bisa diracik lalu diminum.

1. Cuka sari apel

Jenis vinegar yang satu ini, bisa dibeli di apotek terdekat. Cuka sari apel, termasuk tonik kesehatan alami yang telah lama dipakai untuk pengobatan. Dalam obat alami ini, mengandung bahan aktif asam asetat yang membantu melawan bakteri. Untuk meredakan sakit tenggorokan sebagai salah satu gejala flu, bisa mencampurkan satu sendok makan cuka sari apel dan madu dengan secangkir air hangat.

2. Kumur air garam

Berkumur dengan air garam, melansir Medical News Today, Rabu, 23 Oktober, membantu  mengurangi peradangan pada tenggorokan. Garam juga dapat membantu membunuh mikroba berbahaya di tenggorokan. Supaya meredakan sakit tenggorokan, campurkan satu cangkir air hangat dengan satu sendok teh garam lalu aduk hingga larut. Berkumurlah dengan campuran ini selama 30 detik selama setiap jam.

Ilustrasi obat alami untuk meredakan sakit tenggorokan sebelum flu (Freepik/atlascompany)

3. Madu

Madu yang terasa manis, bisa juga membantu meredakan sakit tenggorokan karena mengandung antiradang, antioksidan, dan antimikroba. Selain membantu melawan infeksi dan meredakan nyeri, madu juga dapat membuat obat-obatan yang terasa pahit akan lebih enak. Madu untuk obat meredakan sakit tenggorokan, bisa dicampurkan dengan air hangat dan cuka sari apel. Namun harus diingat, anak-anak usia kurang dari 1 tahun tidak boleh minum madu.

4. Akar licorice

Tanaman licorice, atau disebut Glycirrhiza glabra, memiliki rasa yang manis dan telah lama dipakai untuk pengobatan tradisional. Tanaman ini memiliki khasiat yang mirip dengan aspirin, yang memiliki efek antivirus, antibakteri, dan antiradang. Ini berarti membantu meredakan sakit tenggorokan. Cara memanfaatkan bahan alami ini, dengan membuat teh dari akar licorice. Biarkan akar baik berbentuk utuh ataupun bubuk terendam air panas selama 5 menit. Lalu saring sebelum diminum. Bisa juga untuk berkumur-kumur dengan tujuan yang sama, yaitu meredakan gejala infeksi virus atau bakteri pada tenggorokan.

5. Air lemon

Air lemon memiliki reputasi yang baik karena banyak manfaatnya. Mulai dari menambah asupan vitamin C, hingga bersifat antioksidan sehingga membantu menyembuhkan serta meredakan sakit tenggorokan. Karena rasanya asam, air lemon bisa diencerkan dengan tambahan air hangat serta sesendok madu.

Ilustrasi obat alami untuk meredakan sakit tenggorokan sebelum flu (Freepik/8photo)

6. Teh jahe

Jahe termasuk rempah-rempah yang memiliki efek antibakteri dan membantu meredakan radang yang sebabkan sakit tenggorokan. Ini dibuktikan dalam beberapa penelitian laboratorium yang menemukan bahwa ekstrak jahe dapat membunuh beberapa bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit pernapasan. Ekstrak jahe juga dapat mengurangi peradangan pada penderita tuberkulosis.

Obat alami untuk meredakan sakit tenggorokan karena mau flu, bisa dengan membuat wedang jahe dari campuran jahe yang dibakar lalu digeprek, air lemon, air panas, dan madu. Minuman ini juga membantu merilekskan serta mengurangi peradangan.

7. Minyak kelapa                                                             

Penelitian menunjukkan minyak kelapa dapat membantu melawan infeksi dan mengurangi peradangan. Minyak kelapa juga membantu menenangkan, terutama membantu melumasi selaput lendir pada tenggorokan. Cara memanfaatkan bahan alami ini, masukkan sesendok dalam teh atau cokelat panas. Tetapi konsumsi setiap hari harus dibatasi maksimal 2 sendok makan untuk meminimalisir risiko gangguan pencernaan.

8. Kayu manis

Kayu manis paling populer untuk itching kue atau cake karena memiliki aroma khas. Lebih dari itu, kayu manis memiliki kandungan antioksidan tinggi yang juga bermanfaat antibakteri. Dalam pengobatan Tiongkok, kayu manis merupakan obat tradisional untuk pilek, flu, dan sakit tenggorokan. Untuk memanfaatkan kayu manis sebagai minuman yang meredakan sakit tenggorokan, bisa dicampurna dengan susu almond hangat atau bersama teh lemon serta jahe.

9. Minum banyak air putih

Meskipun menelan apapun rasanya tidak nyaman, tetapi penting memastikan minum banyak air putih saat terkena flu atau pilek serta batuk. Ini membantu menjaga selaput lendir tenggorokan tetap terhidrasi.

10. Sup dengan bumbu bawang putih

Sup hangat merupakan comfort food dimakan saat badan demam, pilek, dan batuk. Untuk meredakan sakit tenggorokan, bisa membuat sup dengan bumbu bawang putih. Penting diketahui, bawang putih mengandung senyawa bioaktif yang juga bermanfaat untuk meredakan sakit. Anda bisa menambahkan sayuran yang membantu menutrisi tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan.

Itulah daftar obat alami yang membantu meredakan sakit tenggorokan. Kalau Anda mengalaminya secara berkepanjangan, perlu harus segera konsultasi ke dokter dan mendapatkan rekomendasi medis dalam pengobatan serta perawatan.