Dilantik Prabowo jadi Wamenperin, Faisol Riza: Bagian dari Pekerjaan Besar yang Enggak Mudah

JAKARTA - Presiden Prabowo Subianto resmi melantik Faisol Riza sebagai Wakil Menteri Perindustrian (Wamenperin) di Kabinet Merah Putih untuk periode 2024-2029. Nantinya, Faisol akan mendampingi Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita untuk menjalankan mandat selama lima tahun ke depan.

Faisol berkomitmen akan membantu Menperin Agus untuk mendongkrak kemajuan industri manufaktur selama lima tahun mendatang.

"Terima kasih sudah menerima saya menjadi bagian dari satu pekerjaan besar yang saya kira nggak mudah. Tadi Pak Menteri (Agus Gumiwang) telah menjelaskan bagaimana Pak Presiden (Prabowo Subianto) punya concern besar di sektor manufaktur ini dan tugas pak menteri sangat besar. Jadi, saya ditugaskan membantu kesuksesan beliau untuk periode Pemerintahan Pak Prabowo ini," ujar Faisol dalam agenda silaturahmi bersama Menperin & Wamenperin di kantor Kementerian Perindustrian, Selasa, 22 Oktober.

Dia bahkan menganalogikan bahwa industri manufaktur layaknya seperti jantung manusia, yang mana memiliki banyak peran dalam tubuh.

"Memang industri manufaktur seperti jantung, harus mengalirkan darah kemana-mana, harus memberikan oksigen ke seluruh tubuh. Jadi, mau tidak mau harus diperkuat, diberikan suntikan, berbagai macam vitamin dan suplemen semua, supaya tetap kuat dan berkembang," katanya.

Menurut Faisol, kemajuan industri manufaktur ke depan tak hanya menjadi tugas Kemenperin semata, tetapi harus ada kerja sama juga dari seluruh pelaku usaha.

"Kami doakan pak menteri selalu sehat dan bisa kuat karena ekonomi ini benar-benar tidak mudah dan semua tergantung dari kerja sama. Terutama para pelaku usaha. Saya tahu disaat-saat sulit ini pasti segala cara dipakai, akal, macam-macam. Semua kaki harus kuat, saya kira kerja yang luar biasa," kata dia.

"Tapi saya yakin karena kami punya pemimpin seperti beliau Pak Prabowo, punya pemimpin seperti Pak AGK (Agus Gumiwang Kartasasmita) yang sudah ada bukti 5 tahun kemarin, sektor manufaktur juga tetap menjadi andalan," pungkasnya.

Adapun pria kelahiran Probolinggo, 1 Januari 1973 dikenal sebagai sosok yang aktif dalam dunia politik Indonesia.

Ia memulai pendidikan dasarnya di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama kemudian melanjutkan ke MTs Nurul Jadid dan MA Nurul Jadid.

Setelah menyelesaikan pendidikan menengah, Faisol melanjutkan studi di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta dengan fokus pada Ilmu Filsafat. Ketika berkuliah, Faisol juga merupakan seorang aktivis, ia aktif terlibat dalam berbagai organisasi, termasuk menjadi ketua Solidaritas Mahasiswa Indonesia untuk Demokrasi (SMID) pada periode 1998-1999 dan juga PRD (Partai Rakyat Demokratik).

Lalu, Faisol mulai bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada 2008 dan menjabat sebagai Wakil Ketua DPW PKB selama 2008-2009. Sejak 2009, ia telah menjabat sebagai wakil sekretaris jenderal DPW PKB DKI Jakarta.

Sebelum menjadi anggota DPR, ia pernah ditunjuk sebagai staf khusus di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, menjabat dari 2009 hingga 2014. Setelah itu, ia berlanjut sebagai staf khusus di Kementerian Pemuda dan Olahraga dari 2014 hingga 2017.

Diketahui, Faisol Riza juga merupakan Ketua Komisi VI DPR RI. Komisi VI DPR RI memiliki ruang lingkup kerja di bidang perindustrian, perdagangan, koperasi UKM, BUMN, investasi dan standarisasi nasional. Faisol Riza mewakili daerah pemilihan Jawa Timur II, yakni Kabupaten dan Kota Probolinggo serta Pasuruan.