Begini Cara Mematikan Ponsel Tanpa Tombol Power

JAKARTA – Seluruh ponsel, baik Android maupun iOS, memiliki tombol power di sisi kiri atau kanan perangkat untuk mematikan, menyalakan, dan memulai ulang perangkat. Namun, tombol ini bisa bermasalah.

Jika Anda memiliki ponsel dengan usia yang cukup tua, tombol power bisa lepas dari sisi perangkat atau mungkin mengalami kerusakan hingga berhenti berfungsi. Jika tombolnya sudah rusak, Anda tidak akan bisa mematikan daya dengan menekan tombolnya.

Untungnya, Anda masih memiliki alternatif lain untuk mematikan daya ponsel. Berikut ini merupakan cara mematikan daya ponsel Android dan iOS dengan mudah saat tombol power rusak, mengutip dari How to Geek.

Matikan Ponsel Tanpa Tombol di Android

Hampir seluruh perangkat Android memiliki tampilan pengaturan yang berbeda sehingga metode mematikan ponsel tanpa tombol power juga akan berbeda. Namun, beberapa perangkat memiliki tombol power di panel atas, seperti Samsung misalnya. 

Cara mencari tombol power di Samsung Galaxy sangat mudah. Anda hanya perlu menarik panel dari atas, lalu tarik lagi hingga deretan pintasan muncul. Di bagian paling atas, tepatnya di samping tombol pengaturan, Anda akan melihat tombol daya. Jika diketuk, ada beberapa opsi yang bisa dipilih, termasuk Matikan.

Matikan Ponsel Tanpa Tombol di iOS

Meski tidak seinstan Samsung, iPhone juga bisa mematikan ponsel dengan cepat melalui pengaturan. Berikut ini tahapan untuk mematikan daya iPhone tanpa tombol power.

  1. Buka Pengaturan iPhone.
  2. Klik menu Umum.
  3. Di bagian paling bawah, klik Matikan.
  4. Setelah itu, geser tombol Matikan di tengah layar.