Mengintip Tugas Raffi Ahmad Sebagai Utusan Khusus Presiden

YOGYAKARTA – Tugas Raffi Ahmad sebagai Utusan Khusus Presiden dapat disimak dalam ulasan berikut ini.

Diketahui, Presiden Prabowo Subianto pada Selasa, 22 Oktober 2024 melantik artis Raffi Ahmad sebagai Utusan Khusus Presiden.

Suami Nagita Slavina itu dilantik bersama enam orang lainnya di Istana Kepresidenan, Jakarta. Mereka yakni pendakwah Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah; putri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Zita Anjani; Ketua Umum PPP, Mardiono; pengusaha Setiawan Ichlas; Ketua Umum Partai Garuda, Ahmad Ridha Sabana; dan eks Menteri Perdagangan era SBY, Mari Elka Pangestu.

Tugas Raffi Ahmad Sebagai Utusan Khusus Presiden

Melansir VOI, Raffi Ahmad menjadi Utusan Khusus Presiden dalam bidang pembinaan generasi muda dan pekerja seni.

Tugas Raffi Ahmad sebagai Utusan Khusus Presiden Prabowo termaktub dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 137 tahun 2024.

Menurut aturan tersebut, Utusan Khusus Presiden dibentuk untuk memperlancar tugas Presiden RI.

Utusan Khusus Presiden mempunyai tugas tertentu yang diberikan oleh presiden di luar tigas-tugas yang sudah dicakup dalam susunan organisasi Kementerian dan instansi pemerintah lainnya.

Dalam Perpres tersebut juga disebutkan bahwa Utusan Khusus Presiden bertanggung jawab kepada presiden dan melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada Sekretaris Kabinet.

Hak keuangan dan fasilitas lainnya bagi Utusan Khusus Presiden diberikan setinggi-tingginya setingkat dengan jabatan Menteri. Akan tetapi, Raffi Ahmad dkk tidak diberikan pensiun.

Masa bakti Utusan Khusus Presiden paling lama sama dengan masa jabatan atau berakhir bersamaan dengan berakhirnya masa jabatan presiden yang bersangkutan

Profil Raffi Ahmad

Lahir di Bandung, Jawa Barat pada 17 Februaru 1987, Raffi Ahmad dikenal sebagai artis yang seba bisa.

Raffi memulai kariernya di dunia hiburan pada 2001 sebagai aktor remaja. Peran-peran awalnya dapat dilihat dalam sinetron bertajuk Tunjuk Satu Bintang dan Senandung Masa Puber.

Raffi mencapai puncak popularitas ketika ia menjadi pembawa acara di berbagai program televisi, seperti Dahsyat dan Pesbukers.

Tak hanya menekuni dunia sinetron dan presenter, Raffi juga terjun di dunia perfilman. Beberapa film yang pernah dibintanginya yakni Love is Cinta (2007), Me vs Mami (2016), dan Rafathar: The Movie (2017).

Tak cukup sampai disitu, Raffi juga pernah mencoba dunia tarik suara dengan bergabung dalam grup vokal Bukan Bintang Biasa (BBB), yang dibentuk oleh Melly Goeslaw. Lagu-lagu BBB sempat menjadi hit pada pertengahan tahun 2000-an.

Selama berkarier di dunia hiburan, Raffi Ahmad beberapa kali mendapatkan penghargaan, antara lain:

  • Presenter Musik dan Variety Show Favorit ajang Panasonic Gobel Awards pada 2013, 2014, 2015 dan 2017
  • Selebriti Pria Terfavorit Insert Awards (2018)
  • Program Digital Terfavorit untuk RANS Entertainment dari Indonesian Television Awards (2020)

Pada 2015, Raffi Ahmad bersama istrinya, Nagita Slavina mendirikan perusahaan media RANS Entertainment.

RANS Entertainment yang awalnya berfokus pada konten video YouTube, kini  berhasil menjelma menjadi perusahaan bidang hiburan terkemuka di Indonesia dengan produksi konten yang beragam, mulai dari vlog, acara hiburan, hingga program reality show.

Setelah berhasil membesarkan RANS Entertainment, Raffi Ahmad merambah ke bidang bisnis lain, seperti kuliner, fashion, dan olahraga.

Di bidang olahraga, Raffi membeli klub sepak bola Cilegon United dan mengubah namanya menjadi RANS Cilegon FC (Kini RANS Nusantara FC). Klub milik Raffi Ahmad berlaga di Liga 2 Indonesia.

Selain memiliki klub sepak bola, Raffi juga mempunyai klub basket Rans Simba Bogor yang berlaga di IBL.

Keberhasilan Raffi Ahmad di dunia hiburan dan bisnis membuat dia dijuluki sebagai “Sultan Andara”, merujuk pada tempat tinggalnya di kawasan Andara, Depok, Jawa Barat.

Kiprah Raffi Ahmad di dunia bisnis juga mengantarkannya sebagai Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Bidang Pariwisata dan Industri Kreatif periode 2024-2029 pada awal Oktober.

Demikian informasi tentang tugas Raffi Ahmad sebagai Utusan Khusus Presiden. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.