Uji Coba di Sekolah Dipantau Wapres Gibran, Pj Gubernur DKI Pastikan Program Makan Gratis Masuk APBD 2025 

JAKARTA - Pj Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi kembali menggelar uji coba program makan bergizi gratis di sekolah. Hari ini, uji coba digelar di SDN 03 Menteng, Jakarta Pusat. Kemarin, uji coba makan gratis diselenggarakan di SMKN 26 Jakarta.

Uji coba hari ini dipantau langsung oleh Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. Seusai pembagian makanan kepada para siswa, Teguh memastikan program andalan Presiden Prabowo Subianto ini akan masuk dalam APBD DKI tahun anggaran 2025.

"Untuk RAPBD (rancangan APBD) 2025 ini sedang kita bahas itu masuk. Karena kan ini running, insyaallah secara katakanlah program, man sebagaimana juga, sudah kita maklum bersama akan mulai awal tahun 2025," kata Teguh, Selasa, 22 Oktober.

Selama masa uji coba yang sudah dimulai sejak Heru Budi Hartono menjabat Pj Gubernur DKI, makanan gratis yang dibagikan di sekolah-sekolah menggunakan dana corporate social responsibility (CSR) dari BUMD-BUMD DKI.

Paket yang disediakan seharga Rp 23.000 terdiri dari nasi putih, ayam karage, telur dadar, capcay, dan buah dengan total 571,25 kalori.

“Makanan ini, sebagaimana juga yang sebelumnya, dikemas dalam paper box ramah lingkungan, dengan pengelolaan sampah yang dilakukan oleh bank sampah, bekerja sama dengan Forum Masyarakat Peduli Lingkungan," jelas dia.

Dalam masa uji coba yang masih akan berlangsung ke depan, Teguh menyebut Pemprov DKI akan menyajikan menu makanan bervariasi yang kandungan kalorinya disesuaikan dengan usia pelajar.

“Kandungan kalori disesuaikan dengan target grupnya. Seperti kemarin untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), kalorinya 750, sekarang untuk anak Sekolah Dasar (SD) disesuaikan menjadi 571 kalori,” tambahnya.