Raja Charles III Dicemooh oleh Senator Australia saat Berkunjung ke Canberra: Anda Melakukan Genosida

JAKARTA - Raja Charles dituduh melakukan "genosida" oleh seorang senator Pribumi di Gedung Parlemen Australia pada Hari Senin, beberapa saat setelah ia menyampaikan pidato yang isinya "menghormati pemilik tanah adat".

Raja Charles tengah dalam kunjungan resmi ke-16 ke Australia dan perjalanan luar negeri pertamanya sejak didiagnosis menderita kanker, baru saja selesai berpidato ketika senator independen dan aktivis Pribumi Lidia Thorpe berteriak bahwa ia tidak menerima kedaulatan Charles atas Australia.

"Anda melakukan genosida terhadap rakyat kami," kata Lidia Thorpe, melansir Reuters 22 Oktober.

"Kembalikan tanah kami. Berikan apa yang Anda curi dari kami - tulang-tulang kami, tengkorak kami, bayi-bayi kami, rakyat kami. Anda telah menghancurkan tanah kami. Berikan kami perjanjian. Kami menginginkan perjanjian," lanjutnya.

Thorpe, yang telah mengganggu acara-acara sebelumnya yang memprotes penjajahan Australia, dilarang mendekati Raja, yang berbicara pelan kepada Perdana Menteri Anthony Albanese di podium tetapi tidak terpengaruh. Thorpe kemudian dikawal keluar dari ruang sidang.

Thorpe mengatakan, penahanan dan kekerasan yang disebabkan oleh penjajahan hanya dapat diakhiri dengan perjanjian nasional antara pemerintah dan masyarakat Pribumi untuk mengatasi masalah First Nations.

Sementara itu, mantan Perdana Menteri Tony Abbott dari Partai Liberal yang konservatif, yang menghadiri acara tersebut, mengatakan kepada wartawan, itu adalah "eksibisionisme politik yang disayangkan".

Seorang sumber istana mengatakan, raja dan ratu berterima kasih kepada ribuan orang yang hadir, seraya menambahkan mereka "hanya menyesal tidak sempat berhenti dan berbicara dengan setiap orang. Kehangatan dan skala penyambutan itu benar-benar mengagumkan".

Protes itu merupakan hal yang berbeda di antara serangkaian penghormatan kepada Raja Charles dan Ratu Camilla dari para pejabat tinggi dan simpatisan di antara kerumunan, dengan PM Albanese berbicara tentang rasa hormat yang dimiliki orang Australia terhadap raja mereka dan memuji Charles atas advokasinya yang panjang terhadap perubahan iklim.

Pidatonya hanya menyinggung sekilas tentang tujuan republik, yang didukung oleh PM Albanese dan sebagian besar Partai Buruh kiri-tengahnya.

"Australia yang pertama kali Anda kenal telah tumbuh dan berkembang dalam banyak hal," katanya.

"Namun melalui perubahan selama beberapa dekade ini, ikatan rasa hormat dan kasih sayang kita telah matang dan bertahan lama," tambahnya.

PM Albanese mengesampingkan rencana referendum untuk mengubah Australia menjadi republik, setelah referendum yang didukung pemerintah untuk membentuk badan penasihat Pribumi dikalahkan awal tahun ini.

Kunjungan ke parlemen tersebut menyusul perjalanan ke Australian War Memorial di Canberra tempat pasangan kerajaan tersebut bertemu dengan lebih dari seribu orang yang memberi selamat.

Rencananya, Raja Charless II akan melanjutkan kunjungan mereka ke Australia di Sydney pada hari Selasa, sebelum menuju Samoa untuk menghadiri pertemuan negara-negara di Persemakmuran Inggris.