Bentrokan Adonara, 49 Rumah Terbakar

KUPANG - Polres Flores Timur, NTT, mencatat sebanyak 49 rumah terbakar dan satu orang warga dilaporkan meninggal dunia saat bentrok warga antardesa di Desa Ilepati dan Desa Bugalima di Kecamatan Adonara Barat.

“Dampak dari konflik itu 49 rumah dilaporkan dibakar dan satu orang meninggal dunia akibat terbakar di dalam rumah yang dibakar,” kata Kapolres Flores Timur AKBP I Nyoman Putra dilansir ANTARA, Senin, 21 Oktober.

Bentrokan terjadi warga antara dua desa yakni desa Bugalima dan Ilepati di Pulau Adonara pada Senin (21/10).

Selain 49 rumah dan satu orang warga dilaporkan meninggal dunia, empat warga juga dilaporkan tertembak oleh senapan angin di antaranya AF (56 tahun) tertembak di lengan kanan, AP (18) tertembak di lengan kiri atas dan MS (37) tertembak di paha kanan atas, dan DO (26) yang tertembak di bagian pinggang kiri.

Korban yang terbakar di dalam rumah tersebut berinisial SI yang merupakan seorang pria yang sedang dalam kondisi stroke.

Saat ini, warga dari kedua desa berjaga di desa masing-masing setelah aparat kepolisian dan TNI turun untuk menjaga agar tidak terjadi lagi konflik yang terjadi.

Sekitar 45 personel gabungan diturunkan di lokasi kejadian untuk meredam konflik yang terjadi.

Menurut kepolisian, pertemuan antar tokoh-tokoh masyarakat dari kedua desa itu juga sudah dilakukan untuk mencari solusi menghentikan konflik itu.

“Selain itu juga tim penyidik telah melakukan oleh TKP terkait terbakarnya rumah dan korban yang meninggal dunia,” ujar AKBP I Nyoman Putra.