Kenapa Sprei di Hotel Selalu Berwarna Putih?

JAKARTA - Sprei putih sepertinya sudah menjadi syarat umum bagi hotel di seluruh dunia. Pemilihan warna ini bukanlah kebetulan, melainkan didasarkan pada beberapa alasan praktis dan estetis.

Delane McCoy, manajer umum area untuk Coury Hospitality yang juga mengawasi Colcord Hotel di Oklahoma City mengatakan, warna putih pada sprei di hotel dapat memberikan kesan bersih dan segar.

Ketika tamu memasuki kamar hotel, sprei putih menciptakan suasana yang nyaman dan menenangkan. Kesan ini sangat penting untuk meningkatkan pengalaman menginap tamu.

"Kebersihan selalu menjadi prioritas utama hotel. Sprei putih dan bersih mengingatkan tamu betapa bersihnya hotel tersebut,” kata Delane McCoy, seperti dikutip Travel + Leisure.

Selain faktor kebersihan, sprei berwarna putih juga dianggap memberikan ketenangan bagi tamu, terutama jika sprei tersebut berbahan linen. 

“Tempat tidur hotel adalah titik fokus dari setiap kamar tamu, dan semua perhatian tertuju ke sana. Tempat tidur dengan kain linen putih yang bersih, dan segar memberikan ketenangan pikiran bagi tamu bahwa seluruh kamar bersih dan tersanitasi," paparnya. 

Jika dilihat dari segi staf hotel, sprei putih juga lebih mudah untuk dicuci dan dirawat. Dengan menggunakan pemutih, noda yang sulit dapat dihilangkan dengan lebih efektif. Ini sangat penting untuk hotel yang harus menjaga standar kebersihan tinggi.

“Ini juga membantu staf hotel dalam mengidentifikasi kapan seprai perlu dibersihkan lebih lanjut atau harus diganti,” ujar Brooks Ferring, pemilik The Berkeley Hotel di Denver.

Kemudian, ada satu alasan praktis lagi mengapa hotel memilih kain linen putih. Seperti yang dikatakan Amber Edwards, manajer umum The Hamilton Alpharetta, kasur berwarna putih adalah alas yang sempurna untuk kamar yang didesain dengan baik, yang memungkinkan semua detail kecil muncul. 

Sprei putih memberikan kesan elegan dan dapat dengan mudah dipadukan dengan berbagai desain interior. Warna ini tidak hanya menonjolkan elemen dekorasi lain di dalam kamar, tetapi juga memberikan kesan luas dan terang.

“Keindahan tempat tidur putih bersih adalah ia melengkapi desain kamar, yang memungkinkan elemen lain  seperti selimut tebal, bantal elegan, dan dekorasi yang dipilih dengan cermat untuk menonjol dan menciptakan tampilan yang elegan, mencerminkan suasana hotel mewah yang elegan, memastikan tamu disambut di tempat yang terasa personal dan berkelas," pungkas Edward.