Veddriq Leonardo Sumbang Medali Emas di IFSC Madrid 4 Speed

JAKARTA – Atlet panjat tebing andalan Indonesia, Veddriq Leonardo, ikut menyumbang medali emas di hari kedua penyelenggaraan ajang IFSC Madrid 4 Speed.

Peraih medali emas Olimpiade Paris 2024 tersebut mendapat dua medali emas, masing-masing dari nomor speed standar perorangan putra (2 jalur) dan tim relay putra bersama Kiromal Katibin.

Veddriq meraih emas di final nomor speed standar perorangan putra (2 jalur) setelah mengalahkan kompatriotnya, Rahmad Adi Mulyono.

Pada pertarungan tersebut, Veddriq finis dengan catatan waktu 5,06 detik, sedangkan Rahmad finis dengan torehan waktu 5,14 detik di posisi kedua untuk mendapat perak.

Adapun di tim relay putra, Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin meraih medali emas setelah berhasil mengemas waktu total 10,235 detik untuk mengalahkan tim relay putra China yang mengalami fall.

Satu medali emas lainnya juga didapat oleh tim relay putri Indonesia yang diwakili oleh Rajiah Sallsabillah dan Desak Made Rita Kusuma Dewi.

Pasangan ini finis dengan waktu total 13,865 detik atau unggul dari tim relay putri China yang mencatatkan waktu 15,566 detik.

Hasil ini membuat tim nasional panjat tebing Indonesia total telah mengumpulkan total empat medali emas, satu medali perak, dan tiga medali perunggu di ajang IFSC Madrid 4 Speed.

Selain perubahan format di speed putri dan putra, turnamen di Madrid ini juga menjadi ajang uji coba untuk nomor speed relay dengan format dua atlet melawan dua atlet.

Hal itu berbeda dari speed relay biasanya yang menggunakan format tiga atlet melawan tiga atlet.

Format baru turnamen untuk nomor speed perorangan putra dan putri ini akan diuji coba lebih lanjut di The 2025 World Games yang akan digelar di Chengdu, China pada 2025.