Cerita Kru Sound Horeg di Pelantikan Prabowo: Kaca Rumah Warga Pecah, Tapi Diganti Sama Bos

JAKARTA - Sebanyak 10 truk bermuatan puluhan sound system atau yang dikenal dengan sebutan sound horeg menggetarkan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu, 20 Oktober.

Suara alunan musik yang keluar dari speaker sound horeg membuat jantung para pendengarnya terasa berdebar.

Bahkan, rambatan suara keras dari sound horeg juga kerap membuat kaca-kaca di rumah warga bergetar hingga tak jarang yang pecah.

"Kalau di Jawa, sering kaca-kaca (rumah warga) pada pecah tapi pada diganti sama bos-bosnya," kata Odi (24) kru sound horeg asal Jawa Tengah itu, Senin, 21 Oktober.

Meski sering memecahkan kaca karena imbas suara sound yang menggelegar, namun Odi mengatakan, keberadaan sound horeg telah menjadi tradisi di desa-desa.

"Terkadang untuk hajatan juga kalau di Jawa," ucapnya.

Menurut Odi, suara sound horeg yang keras bisa diatur melalui mixer control. Mixer mengatur suara dari sound horeg ketika tengah pentas suara.

"Ini sudah ada setelannya. Ada jaraknya buat berapa kilo gitu," katanya.

Sound horeg yang terlihat di Jalan Jenderal Sudirman pada saat pelantikan Presiden Prabowo, berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Mereka sudah mempersiapkan 1 minggu sebelumnya untuk bisa tampil di Ibu Kota Jakarta. Dan banyak warga yang kagum dengan sound horeg, selain bentuknya yang besar, juga suaranya yang menggelegar.