Profil Dody Hanggodo, Pengusaha yang Jadi Menteri PU Prabowo

YOGYAKARTA –  Profil Dody Hanggodo jadi salah satu tokoh yang mendapat sorotan lantaran namanya tercatat masuk sebagai salah satu menteri. Seperti diketahui, Presiden Prabowo Subianto umumkan susunan Kabinet Merah Putih. Pengumuman Kabinet Merah Putih dilakukan pada Minggu, 20 Oktober di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam pengumuman tersebut, Dody Hanggodo disebut akan menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum.

Profil Dody Hanggodo

Ir. Dody Hanggodo, M.PE adalah seorang pengusaha yang saat ini dipercaya oleh Prabowo Subianto untuk menduduki jabatan sebagai Menteri Pekerjaan Umum (PU). Sayangnya, tak banyak informasi yang beredar di media terkait sosok Dody.

Namun nama Dody Hanggodo tercatat di sebuah dokumen laporan keuangan PT Pradiksi Gunatama Tbk dan PT Senabangun Anekapertiwi. Laporan tersebut termuat di laman Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia (BEI).

Berdasarkan informasi tersebut, Dody tercatat pernah menduduki jabatan Komisaris di PT Pradiksi Gunatama Tbk mulai 2017 hingga 2018. Selain itu ia juga pernah menjadi Komisaris di PT Senabangun Anekapertiwi mulai 2019 dan 2020.

Perlu diketahui, PT Pradiksi Gunatama Tbk adalah perusahaan perkebunan kelapa sawit. Perusahaan ini ada di Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur. Sedangkan PT Senabangun Anekapertiwi adalah anak perusahaan PT Pradiksi Gunatama Tbk (PGUN).

PGUN sendiri menjadi emiten yang dikabarkan masuk dalam grup Jhonlin, grup yang dipunyai oleh pengusaha terkaya di Kalimantan, Haji Isam. PGUN sendiri akhirnya merger dengan Senabangun Anekapertiwi di tahun 2022.

Beberapa media pemberitaan juga menyebutkan bahwa Dody adalah ayah dari Aushaf Fajr Herdiansyah yang dikenal sebagai politikus dari Partai Gerindra. Saat ini Aushaf sedang mencalonkan diri sebagai calon wakil bupati Nganjuk 2024.

Informasi tersebut diketahui berdasarkan unggahan yang diposting oleh Aushaf di Instagram pribadinya. Di postingan tersebut, Aushaf dan Dody diketahui hadir dalam Ujian Doktor Terbuka Agus Harimurti Yudhoyono AHY yang diselenggarakan di Universitas Airlangga.

Selain itu, hubungan tersebut diketahui dari laman putusan3.mahkamahagung. Dalam laman tersebut tertulis Aushaf Fajr Herdiansyah bin Dody Hanggodo.

Tidak hanya di media pemberitaan, bahkan penelusuran di media sosial pun tak tersedia banyak informasi. Hanya ada satu akun Instagram yang menggunakan nama Ir. Dody Hanggodo, M.PE. akun tersebut terbilang masih baru dengan jumlah pengikut 1.771.

Meski demikian akun Dody Hanggodo telah mengunggah satu foto yang memperlihatkan ia dan Prabowo Subianto tengah duduk bersebelahan. Melalui unggahan tersebut, Dody menceritakan bagaimana ia saat menyimak visi besar Kabinet Merah Putih 2024-2029.

“Jujur nih teman-teman, saya keringat dingin tapi bukan karena suhu pendingin ruangan tapi karna menyimak visi besar Kabinet Merah Putih 2024-2029. Optimisme dan kesamaan visi dengan seorang Nasionalis Pak @prabowo jadi hal terkuat yang membuat saya siap untuk mengabdikan diri,” tulis Doddy dalam unggahannya.

Ia juga mengatakan bahwa visi besar yang akan diusung bersama Indonesia Maju menuju Indonesia Emas 2045 akan diwujudkan dengan 8 misi atau disebut Asta Cita.

“Terima kasih masukan dari rekan-rekan terutama rekan media yang sepertinya kesulitan mencari nama lengkap saya di dunia maya. Maklum saya kurang kekinian kalau untuk sosmed. Ijin ikut jadi bagian penduduk online ya teman-teman sekalian. Sekaligus akun ini bisa jadi sarana media aspirasi dan masukan rekan-rekan sekalian untuk kami dan jajaran Kementerian PU,”.

Itulah informasi terkait profil Dody Hanggodo. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.